Dukung Penuh Penyelenggaraan Porprov XIII, Kadisporapar Kalbar: Ajang Gali Potensi Atlet-atlet Terbaik

KalbarOnline, Pontianak, – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari memastikan dukungan pihaknya dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Kalbar.

Dukungan yang diberikan itu terutama dari sisi sarana prasarana yang akan digunakan dalam ajang empat tahunan tersebut.

“Disporapar Provinsi Kalbar pasti mendukung suksesnya gelaran Porprov XIII Kalbar terutama dari sisi sarana dan prasarana,” ungkap Windy saat diwawancarai, Selasa (08/11/2022).

Ia menjelaskan, Porprov XIII Kalbar 2022 terbagi menjadi tiga jenis kategori cabang olahraga (cabor), diantaranya cabor beladiri, cabor permainan dan cabor terukur. Porprov XIII Kalbar direncanakan akan dibuka pada 19 November 2022 mendatang. Namun beberapa pertandingan telah dimulai dari 1 November 2022 lalu.

 

Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari foto bersama para atlet muay thai Kabupaten Melawi. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)
Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari foto bersama para atlet muay thai Kabupaten Melawi. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Lebih lanjut Windy mengungkapkan, salah satu tujuan perhelatan Porprov XIII Kalbar ialah untuk menggali potensi atlet terbaik yang ada di Provinsi Kalbar. Terutama dalam rangka mempersiapkan para atlet potensial ke berbagai event yang lebih tinggi, diantaranya ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Windy pun menyebut, gelaran Porprov XIII Kalbar dapat menjadi wahana yang sangat tepat bagi para atlet untuk membuktikan kemampuan dan ketangguhannya dalam meraih prestasi. Sehingga nantinya para atlet tersebut dapat mengharumkan nama Provinsi Kalbar pada berbagai event nasional maupun internasional.

“Semoga Provinsi Kalbar selalu meraih sukses dan berjaya di bidang olahraga pada berbagai event olahraga di masa datang,” ujarnya.

Selain itu, Windy menjelaskan, kalau berbagai kejuaraan yang dilaksanakan tentunya juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet berbakat untuk kemudian dilakukan pembinaan lebih lanjut. Menurutnya, dengan berbagai event olahraga yang dilaksanakan, bisa menjadi ajang melatih para atlet yang akan berkompetisi.

Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari foto bersama usai menyaksikan pertandingan futsal antara Kabupaten Kayong Utara VS Kabupaten Sanggau di GOR Pangsuma Komplek Gelora Khatulistiwa Pontianak. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)
Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari foto bersama usai menyaksikan pertandingan futsal antara Kabupaten Kayong Utara VS Kabupaten Sanggau di GOR Pangsuma Komplek Gelora Khatulistiwa Pontianak. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

“Semakin banyak event, semakin banyak pula atlet kita yang bisa berprestasi,” tuturnya.

BACA JUGA:  Atlet Tarung Derajat Pontianak Raih 11 Emas di Porprov ke-XIII

Seperti diketahui tiga cabang olahraga dalam Porprov XIII Kalbar diantaranya cabang olahraga bela diri yakni judo, hapkido, karate, kempo, kick boxing, muaythai, pencak silat, taekwondo, tarung derajat, tinju, sambo dan wushu.

Lalu cabang olahraga permainan, yakni anggar, basket, barongsai, billiar, bola volly pantai, bola volly indoor, bola tangan, bridge, bulutangkis, catur dan drumband. e-sport, futsal, golf, hockey, sepak takraw, sepak bola, tenis lapangan dan tenis meja.

Selanjutnya cabang olahraga terukur, seperti angkat besi, angkat berat, aeromodelling, arung jeram, atletik, balap motor (GT), balap motor (MP), binaraga, dayung, menembak, panahan, panjat tebing, petanque, renang, selam, sepatu roda, sport sepeda, terjun payung dan triathlon. (Jau)

Comment