Warga Sintang: Geobang Tak Ada Fungsinya, Lebih Baik Tinggikan Jalan

KalbarOnline, Sintang – A Kian, salah seorang warga di Kecamatan Sintang menyoroti keberadaan geobag yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sejumlah lokasi pinggir sungai Kabupaten Sintang saat bencana banjir 2021 silam.

Menurutnya, salah satu geobag yang dibangun tepat di Kelurahan Ladang Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat itu tidak bermanfaat sebagai penahan air, tatkala banjir besar datang seperti saat ini.

“Tak ada fungsinya, apalagi saat banjir sekarang ini, atau di saat air sungai meluap,” kata A Kian kepada sejumlah wartawan, Kamis (13/10/3022).

Alih-alih membangun geobag, lanjut A Kian, pemerintah lebih baik meninggikan jalan agar lebih terasa manfaatnya.

“Dari pada bangun geobag lebih baik jalan yang ditinggikan,” bebernya.

Sebelumnya, Camat Sintang, Tatang Supriyatna juga menuturkan, kalau geobag yang dibangun atas instruksi Presiden RI melalui Kementerian PUPR itu hanya dirasakan sebagai manfaat untuk menghalangi gelombang sungai saja, namun tidak untuk banjir besar seperti saat ini.

“Namun untuk kondisi banjir perlu penyempurnaan secara maksimal guna menahan luapan air,” terangnya, Kamis (13/10/2022). (Jau)

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Minta Harga Vaksin Covid-19 Terjangkau Masyarakat

Comment