Sutarmidji Kumpulkan 6 Ribu Sak Semen untuk Pembangunan Masjid Besar Nurrahman Sambas

KalbarOnline, Sambas – Kecamatan Sebawi menjadi tempat terakhir yang disambangi Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji saat kunjungan kerja (kunker) hari terakhir di Kabupaten Sambas, Senin (26/09/2022).

Di sana, orang nomor satu di Kalbar itu menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. 

Didampingi Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Sutarmidji tiba di lokasi acara sekitar pukul 13.40 WIB. Setelah sebelumnya, gubernur sempat menghadiri peluncuran Smart Digital Class (Smadicsa) di MAN Insan Cendekia Sambas. 

Meski dalam kondisi hujan, di Sebawi, Sutarmidji tetap disambut antusias oleh ratusan warga. Sebanyak enam tarub dan satu tenda besar tampak dipenuhi warga yang ingin menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan masjid kebanggan masyarakat setempat itu. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sutarmidji menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar siap membantu anggaran pembangunannya–bersama Pemerintah Kabupaten Sambas dengan perbandingan satu (pemkab) banding dua (pemprov). 

Baca Juga :  Gusti Yusri dan Kundori Resmi Ditetapkan Sebagai Calon Ketua PWI Kalbar
Gubernur Kalbar, Sutarmidji melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Tak hanya itu, guna menunjukkan keseriusannya membantu, Midji–sapaan karibnya bahkan turut menghimpun sumbangan semen dengan total sebanyak enam ribu sak kala itu. Dimulai dari dirinya pribadi sebanyak dua ribu sak semen. 

“Saya pribadi menyumbang atas nama almarhum ibu dan bapak saya masing-masing seribu sak, jadi total ada dua ribu sak,” ucap Midji. 

Setelah itu, Midji langsung “menodong” para tamu undangan yang hadir untuk ikut menyumbang semen. Mulai dari para pejabat di jajaran Pemprov Kalbar hingga Pemkab Sambas yang datang pada kesempatan tersebut. Hingga akhirnya ada tambahan empat ribu sak semen, hingga total menjadi enam ribu sak semen yang siap disumbangkan. 

“Selain itu saya juga mengajak semua warga yang hadir di sini untuk membantu minimal masing-masing satu sak semen,” ujarnya. 

Midji pun berharap, dengan bantuan banyak pihak, dalam tiga tahun masjid tersebut harus sudah bisa digunakan, walau belum selesai secara keseluruhan. 

Baca Juga :  Tim SAR Ketapang Evakuasi Korban Dengan Selamat
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan kata sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan kata sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi merasa bangga, karena selama empat hari gubernur  melaksanakan kunker ke Sambas, telah banyak yang diperbuat untuk Kabupaten Sambas. Seperti membagikan bansos paket bahan pangan dan program lainnya.

Fahrur Rofi juga menyebutkan, selama kepemimpinan Sutarmidji, sudah banyak program yang selama ini berjalan di Kabupaten Sambas, seperti pembangunan jalan, waterfront, rumah melayu, gedung sekolah dan lainnya. 

“Beliau ini Sambas banget kalau kata anak-anak sekarang, sampai ajudan dan sopirnya orang Sambas,” kata Rofi.

Berkaitan dengan pembangunan Masjid Besar Nurrahman di Sebawi, Rofi berpesan agar pembangunan masjid ini tidak hanya memikirkan penyelesaian fisik, tapi harus juga bisa memakmurkannya. Ia pun berharap dengan keberadaan masjid itu nanti bisa menurunkan angka fenomena negatif yang terjadi di Sambas.

“Semoga semua bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan,” pungkasnya. (Jau)

Comment