by

Edi Kamtono Dukung Penuh Festival Film Pelajar Khatulistiwa

Edi Kamtono Dukung Penuh Festival Film Pelajar Khatulistiwa

Majukan Industri Kreatif

KalbarOnline, Pontianak – Festival Film Pelajar Khatulistiwa (FFPK) II 2021 yang akan segera dihelat oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Kalimantan Barat mendapat apresiasi Wali Kota Pontianak Edi Kamtono. Dengan menyasar pelajar SMP, SMA, mahasiswa dan masyarakat umum geliat ini membawa tema “Tunjukan Prestasimu, Majukan Daerahmu”, Edi menilai ajang ini bisa menjadi wadah untuk berkreasi dan menggali potensi diri para peserta.

“Ajang ini bisa menjadi kegiatan yg bersifat positif kepada anak-anak pelajar di Pontianak dan daerah lain di Kalbar. Mereka bisa adu ide dan kreativitas dalam membuat film,” katanya, Senin (25/10).

Menurutnya, FFPK di tahun keduanya, telah menjadi ajang bergengsi bagi para pelajar untuk unjuk kebolehan dalam kreativitas. Apalagi, kata dia, saat ini industri film dan sinematografi tengah berkembang pesat di tengah lajunya arus digitalisasi.

Dia berharap FFPK bisa menjadi bagian dari ekosistem industri kreatif, terutama di sektor perfilman, advertising, kebudayaan dan pariwisata.

“Pelaku sinemotografi di Kalbar, termasuk Pontianak tidak kalah dengan kota besar lain di Indonesia. Bahkan kita sering menang perlombaan bergengsi nasional maupun dunia. Tetapi nama besar ini harus dipertahankan, caranya dengan terus memunculkan bibit-bibit baru melalui ajang seperti FFPK ini,” katanya.

Ketua P3I Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan bahwa event tersebut merupakan wahana bagi seluruh pelajar di Kalimantan Barat untuk menelurkan kreativitas dalam bentuk film. Namun tahun ini jangkauan pesertanya diperluas lagi, dengan menambah kategori untuk mahasiswa dan masyarakat umum.

“Semangatnya adalah kita ingin para pelajar dan pelaku sinematografi kita di Kalbar secara umum dan Kota Pontianak khusus untuk terus menghasilkan karya terbaik. Selain untuk menggali kreativitas pelajar dan mencari bakat-bakat di Kalbar,” katanya.

Sedangkan bagi pemerintah daerah, FFPK ini menurutnya, dapat menjadi ajang promosi pariwisata, inovasi layanan daerah, mempromosikan ciri khas daerah di bidang sosial dan budaya hingga kesehatan.

“Oleh sebab itu, kami berharap pemda terutama kepala daerah Bupati dan Wali Kota mendorong pelajar dan masyarakat iku ambil bagian dalam FFPK ini,” katanya.

Zulfydar menerangkan, terdapat tiga lomba pada FFPK tahun ini, yaitu Lomba Film Pendek, video iklan dan desain poster. Di mana pada lomba tersebut terdapat beberapa katagori diantaranya Pelajar tingkat SMP dan SMA, Mahasiswa dan Umum se-Kalimantan Barat.

Selain itu, lanjut Zulfydar, peserta dapat memilih berberapa segmentasi, seperti bidang Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Sosial dan Budaya.

“Pendaftaran lomba ini gratis. Nantinya hasil karya para pemenang yakni 10 nominasi setiap segmen akan diputar di TVRI sebelum digelarnya malam FFPK,” jelas Zulfydar.

Proses pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak September lalu. Sementara biaya pendaftarannya gratis. Hingga saat ini sudah ada sekira 30an pendaftar dari seluruh Kalbar, dan masuk dibuka. Pihaknya juga telah melakukan roadshow ke daerah-daerah. Sedangkan acara puncak akan digelar pada akhir November 2021. (J)

Comment

Terbaru