by

Masuk Zona 3, Pemkab Sekadau Akan Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Masuk Zona 3, Pemkab Sekadau Akan Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar Rapat Evaluasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan di ruang serbaguna, Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (25/10/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fendy, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sekadau Paulus Yohanes, Wakapolres Sekadau serta Perwakilan Dandim 1204/Sanggau-Sekadau.

Pada kesempatan tersebut, Subandrio mengatakan bahwa kegiatan hari ini akan berfokus kepada evaluasi peningkatan percepatan vaksinasi dan membentuk strategi dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

“Vaksin yang saat ini sudah tersedia cukup banyak yaitu kurang lebih 34 ribu dosis dan ini tinggal bagaimana kita melakukan penyaluran kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Sekadau,” kata Subandrio.

Masuk Zona 3, Pemkab Sekadau Akan Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Selanjutnya, Wakil Bupati Sekadau meminta kepada seluruh instansi terkait untuk dapat melakukan pemetaan, dari 87 desa yang ada di Kabupaten Sekadau dimana terdapat penanganan vaksinasi yang masih minim dan kemudian akan segera dilakukan pencanangan vaksinasi.

“Kemudian langkah selanjutnya data tersebut dikelompokan kembali ke tingkat kecamatan, jika pada suatu daerah ada yang kurang disitu akan segera dilakukan vaksinasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Jadi kedepannya kita akan mencoba mencari bagaimana langkah untuk dapat dilakukan pemetaan pada desa mana yang kurang dan dibuat jadwal, nanti kita akan lakukan monitoring kita turun sama-sama,” tandasnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sekadau, Fendy mengungkapkan bahwa target vaksinasi dari provinsi Kalbar sebenarnya adalah 40 persen, sementara itu di Kabupaten Sekadau sampai saat ini baru mencapai 28 persen jumlah vaksinasi yang sudah dilaksanakan.

“Walaupun saat ini masih di angka 28 persen, tetapi menurut Kadis Kesehatan optimis bahwa di bulan Desember nanti peningkatan jumlah vaksinasi mencapai 50 persen untuk dosis pertama,” katanya.

“Alhamdulillah sekarang ini kasus aktif di Kabupaten Sekadau hanya ada 1, kemudian jika dipersentasikan yaitu 0,03 persen dari data pertanggal 21 Oktober kemarin,” katanya.

Selain itu, Fendy menyebutkan bahwa berdasarkan data dari Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sekadau berada pada nomor urut ke 3 yang artinya untuk percepatan vaksinasi, Kabupaten Sekadau berada dibawah Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Pada rapat tersebut juga dilakukan penyampaian pendapat serta saran dari para Kepala SKPD terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam hal langkah-langkah strategis penyaluran vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Kabupaten Sekadau.

Turut hadir pada rapat tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Kepada BPBD Kabupaten Sekadau, Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Sekadau, kepala Bagian Kesra Setda Sekadau, Kabid P2P Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau serta Kabag Ops Polres Sekadau dan Perwakilan RSUD Sekadau.

Comment

Terbaru