Rumusan RPJMD Harus Realistis dan Bisa Diimplementasikan

Rumusan RPJMD Harus Realistis dan Bisa Diimplementasikan

Musrenbang RPJMD Kapuas Hulu 2021-2026

IKLANBANKKALBARIDULADHA

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 secara virtual, Selasa, 6 Juli 2021.

Musrenbang yang dipimpin Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan dihadiri Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat dan anggota DPRD Kapuas Hulu.

Dalam sambutannya, Bupati Sis mengatakan bahwa Musrenbang RPJMD dalam rangka memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017.

“Musrenbang RPJMD mempunyai arti strategis, sebagai wahana antar pemangku kepentingan guna menjaring aspirasi semua stakeholder dalam rangka penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap rancangan akhir RPJMD nantinya,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini juga menyampaikan bahwa penyusunan RPJMD bukan merupakan tujuan akhir dari perencanaan pembangunan daerah, namun yang paling penting adalah bangaimana seluruh arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan lima tahunan yang telah menjadi komitmen bersama dapat dikendalikan dan dievaluasi serta direalisasikan secara konkrit dalam RKPD setiap tahun.

Baca Juga :  Dua Pelajar Kapuas Hulu Raih Juara Debat Bahasa Inggris dan Debat Bahasa Indonesia se Kalbar

Untuk itu Bupati mengharapkan dalam perumusan rancangan akhir RPJMD nanti harus memiliki indikator yang terukur, mudah dicapai, realistis dan dapat dilaksanakan dalam setiap tahun dalam jangka waktu lima tahun.

Gubernur Sependapat dengan Bupati

Sementara Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji sependapat dengan Bupati Fransiskus Diaan. Menurutnya, penyusunan RPJMD itu harus realistis dan bisa diimplementasikan. Menurut dia, hal itu sangat tepat untuk dilakukan. Sehingga ia menyarankan agar RPJMD disusun dengan target yang tak muluk-muluk dan sulit diimplementasikan di setiap tahun APBD.

“RPJMD ini kan nanti di-breakdown di dalam APBD setiap tahunnya. Kita harus melihat apa yang harus dikerjakan,” kata Midji.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini berpesan agar Bupati Sis dan Wakil Bupati Wahyudi Hidayat dapat kompak dan bekerjasama dengan baik serta terus menjalin sinergitas yang harmonis dengan DPRD Provinsi dapil Kapuas Hulu maupun DPRD Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Wakil Bupati Kapuas Hulu Ikuti Pra Munas V APKASI

“Saya yakin Pak Bupati dan Pak Wakil sesuai dengan visi misi saat pencalonan bisa dijabarkan dengan baik. Silakan nanti apa yang diminta untuk provinsi lakukan, kita kerjakan bersama. Hanya ini tantangan Bapak berdua berat, karena RPJMD disusun lima tahun sedangkan 2024 sudah Pilkada. Waktu bapak tinggal 3,5 tahun untuk bagaimana mengimplementasikan RPJMD yang lima tahun,” kat Midji.

“Ini butuh kerja keras. Sehingga perlu terobosan-terobosan. Karena Bapak berdua adalah anak muda, saya yakin bisa, kerjasamalah dengan baik dan kompak dan sinergitas antara DPRD Provinsi dapil Kapuas Hulu dan DPRD Kapuas Hulu itu penting, bagaimana membuat itu harmonis dan segalanya kalau sudah harmonis, mudah untuk diimplementasikan,” pungkasnya.

Comment