PBNU Belum Temukan Din Syamsuddin Adalah Seorang yang Radikal

KalbarOnline.com–Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mengatakan, sampai saat ini, belum melihat bahwa mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin adalah orang yang radikal.

”Tuduhan radikalisme terhadap tokoh Din Syamsuddin oleh pihak tertentu sampai detik ini, saya belum bisa menemukan contoh konkret yang menggambarkan beliau adalah seorang yang radikal,” ujar Marsudi kepada wartawan, Sabtu (13/2).

Bahkan dia juga tidak pernah melihat Din Syamsuddin berkata-kata mengajak orang lain radikal. Sehingga, dia mengaku aneh dengan laporkan dari Gerakan Anti Radikalisme Alumni Institut Teknologi Bandung (GAR ITB) itu.

Baca Juga :  Virus Korona ini Nyata dan Sangat Berbahaya, Ketum PBNU: Terapkan 3M

”Hidung saya belum bisa membau-baui itu sampai saat ini. Apakah ini karena hidung saya lagi kena flu sehingga tidak berfungsi dengan baik atau telinga saya belum bisa mendengarkan statement Pak Din yang masuk kategori radikal,” kata Marsudi.

Oleh sebab itu, Marsudi meminta GAR ITB memberikan bukti-bukti mengenai Din Syamsuddin disebut radikal. Tak hanya menuduh tanpa berdasar fakta.

”Agar tuduhan ini tidak disebut fitnah, saya minta kepada pihak pihak yang mempunyai data keradikalan beliau dan yang terutama pihak pihak yang melaporkan beliau harus menyampaikan ke publik, bentuk radikal apa yang beliau lakukan,” ungkap Marsudi.

Baca Juga :  PBNU Ajak Semua Pihak Komitmen Tak Ulangi Kesalahan Penanganan Pandemi

Untuk diketahui, Gerakan Anti Radikalisme Alumni Institut Teknologi Bandung (GAR ITB) melaporkan Din Syamsuddin terkait dugaan radikalisme ke KASN. GAR ITB merupakan asosiasi alumni ITB. Laporan tersebut tertuang dalam surat Nomor 05/Lap/GAR-ITB/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020, perihal Laporan Pelanggaran Disiplin PNS atas nama Terlapor Prof. Dr. H.M. Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D, dan surat Nomor 10/Srt/GAR-ITB/I/2021 tanggal 28 Januari 2021, perihal Hukuman Disiplin PNS a/n Prof. Dr. H.M. Sirajuddin Syamsuddin, M.A. Ph.D.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment