Testing dan Protokol Kesehatan Upaya Cegah Penularan Covid-19

KalbarOnline.com – Tim Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah dan Satgas Covid-19 di daerah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memastikan para pelaku perjalanan yang masuk ke daerah sudah melakukan tes RT-PCR ataupun rapid test antigen.

“Pastikan juga ketersediaan ruang isolasi dan kami sampaikan terima kasih kepada seluruh daerah yang telah membuat surat edaran yang membatasi pelaku perjalanan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keterangannya, Minggu (27/12).

Wiku meminta, bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata dapat memahami situasi pandemi Covid-19. Karena, kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembatasan pelaku perjalanan merupakan upaya perlindungan kepada masyarakat sekaligus pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Libur Imlek, ASN Dilarang ke Luar Kota

Menurut Wiku, jika pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik, maka pemulihan ekonomi akan lebih cepat termasuk di sektor pariwisata. Karena itu penerapan protokol kesehatan hal terpenting sebagai upaya cegah penularan Covid-19.

Wiku pun mengimbau masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun 2021 selau patuh dengan protokol kesehatan. Utamanya menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Baca Juga :  15 Tahun Mengabdi di KPK, Rekan Novel Baswedan Pensiun

“Masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dalam merayakan tahun baru. Hindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan,” pinta Wiku.

Baca juga: Disiplin Protokol Kesehatan, Upaya Menekan Peningkatan Kasus Covid-19

Wiku tak bosan meminta masyarakat untuk tetap di rumah selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19.

“Masyarakat juga diimbau membatasi perjalanan liburan ke luar kota dan sebisa mungkin untuk tetap di rumah saja,” pungkas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment