Pemda Diminta Optimalkan 3M dan 3T untuk Cegah Penularan Covid-19

KalbarOnline.com – Pemerintah Daerah (Pemda) diminta tegakan protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing. Hal ini sebagai upaya pencegahan dan menekan angka penularan Covid-19.

“Peran dari Pemda aspek krusial dan penting dari penanganan Covid-19,” kata juru bicara penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Graha BNPB, Selasa (1/12).

Menurut Wiku, Pemda harus bisa mengedukasi masyarakat dalam rangkap penerapan protokol kesehatan, utamanya menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak.

Baca Juga :  Tiga Pemain Lawan Positif Terjangkit Virus Corona, Pemain Juventus Dikarantina

“Ingat upaya penanganan covid berjalan dengan baik apabila seluruh pihak saling mendukung. Termasuk Pemda dalam mengedukasi protokol 3M,” ujar Wiku.

Selain itu, Wiku juga mengharapkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan petinggi negara bisa mendukung langkah 3T diantaranya tracing, testing dan treatment. Dia meminta, masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak berat hati mengumumkannya ke publik.

“Tunjukan sikap koperatif dan terbuka saat wawancara dilakukan, Ini bentuk nyata kontribusi kita semua,” pinta Wiku.

Baca Juga :  Ketika Bencana, Warga Diminta Terapkan 3M saat Berada di Pengungsian

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Akan Dimulai, Cegah Covid-19 dengan Prokes 3M

Wiku pun meminta masyarakat untuk tidak menghalang-halangi petugas untuk melakukan kerjanya menelusuri setiap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia menegaskan, tidak segan memberikan sanksi kepada setiap orang yang menghalang-halangi kinerja tim satgas Covid-19.

“Jangan halangi petugas, ada sanksi bagi mereka upaya menghalangi, testing dan tracing harus terus dilakukan,” pungkas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment