Doni: Kerumunan Pasti Menimbulkan Penularan Covid-19

KalbarOnline.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta masyarakat menghindari kerumuman selama pandemi. Sebab, kerumunan menjadi sarana penularan Covid-19 secara masif.

“Sejumlah aktivitas yang menciptakan kerumunan hampir pasti bisa menimbulkan penularan. Menulari dan tertular satu sama lainnya,” kata Doni.

Atas dasar itu, Doni meminta masyarakat tidak membuat acara yang menimbulkan kerumuman massa. Pihak-pihak yang tidak mengindahkan aturan tersebut bisa dikenakan sanksi.

“Mereka yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, nantinya bukan hanya mendapatkan sanksi di dunia oleh pemerintah, tetapi juga kelak di kemudian hari akan mendapatkan permintaan pertanggungjawaban oleh Allah SWT,” imbuhnya.

Baca Juga :  Satgas Ingatkan Warga Tak Salah Terima Informasi Soal Vaksin Covid-19

Lebih lanjut, Jenderal Bintang 3 itu mengingatkan, Covid-19 dapat menjadi mesin pembunuh bagi mereka yang masuk dalam kategori usia lanjut, maupun mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas.

Baca juga: Cegah Lonjakan Covid-19, Tenaga Kesehatan Minta Masyarakat Patuhi 3M

Sebagaimana data Satgas Penanganan Covid-19, terdapat tren kasus klaster keluarga meningkat dari orang tanpa gejala yang menulari keluarganya di rumah, sehingga berujung fatal. Sehingga hal ini perlu diantisipasi agar ke depannya tidak terjadi hal serupa.

Baca Juga :  Sekolah yang Buka Harus Pastikan Siswa-Siswi Tak Tertular Covid-19

“Mungkin, bagi anak muda yang usianya relatif masih di bawah 36 tahun, sehat, tidak ada komorbid, rata-rata adalah tanpa gejala kalau terpapar Covid-19. Namun, ketika mereka kembali ke rumah, ketemu dengan orang-orang yang dicintai, ketemu dengan saudara-saudaranya yang lain, yang punya komorbid, usianya sudah lanjut, maka risikonya sangat fatal,” pungkas Doni.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment