Pantau Kesiapan Sekolah, Pemda Kalbar Berdayakan Aparat

KalbarOnline.com – Pemerintah Kalimantan Barat (Kalbar) memberdayakan aparat keamanan negara untuk melakukan pemantauan kepada pelaksanaan pembelajaran sekolah di satuan pendidikan. Salah satunya terkait kesiapan sarana dan prasarana.

“Kami dari jajaran pemerintah provinsi bekerja sama dengan Kodam (komando daerah militer) XII/Tanjungpura. Mereka siap membantu kami dalam rangka memeriksa sarana prasarana yang ada di sekolah,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalbar Sugeng Hariadi dalam Bincang Pagi KBR, Jumat (14/8).

Bukan itu saja, sekolah juga dapat meminta bantuan jika kesulitan dalam mengatur ketertiban yang ada di satuan pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerumunan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga :  Gita Mahaswara Orchestra Binaan BG Tampil di Sidang Tahunan MPR

“Dari sekolah minta bantuan untuk mengatur supaya tidak terjadi kerumunan ketika mereka (peserta didik, Red) datang. Itu semua sudah kita antisipasi,” jelasnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan rapid test dan swab test kepada seluruh masyarakat di satuan pendidikan. Mulai dari tenaga pendidik, murid, petugas tata usaha hingga satpam.

Baca Juga :  Surat Edaran Nomor 3/2020 Tentang Liburan Nataru Digugat ke MA

Dari situ, Dinkes kabupaten/kota mengambil sampel mereka untuk di swab dan itu biayanya ditanggung pemerintah provinsi. Sedangkan untuk rapid test itu ditanggung pemerintah kabupaten/kota. Jika hasilnya reaktif, akan dilakukan swab test.

“Dinkes sedang menghimpun sampel-sampel tenaga kependidikan supaya tidak ada kekhawatiran dari orang tua. Supaya nanti ketika sudah berjalan, akan baik hasilnya, tidak timbul penyesalan di belakang,” tutupnya.

Comment