Kontroler PS4 Masih Bisa Dipakai Untuk PS5

KalbarOnline.com – PlayStation 5 (PS5) yang akan dirilis Sony dalam waktu dekat ini bakal tetap masih bisa meminkan game-game PS4. Bahkan, kontroler PS4 atau dikenal sebagai DualShock 4 juga akan kompatibel untuk digunakan di PS terbaru.

Meskipun, generasi baru konsol game Sony itu sebelumnya juga dipastikan hadir akan datang dengan kontroler atau stick bernama DualSense. Sementara untuk DualShock 4, kendati bisa digunakan di konsol game baru PS5, Sony memastikan hal tersebut hanya berlaku untuk beberapa game saja.

Mengenai mengapa kontroler PS4 tidak akan kompatibel dengan game PS5, Sony menjelaskan bahwa mereka percaya bahwa game PS5 harus mengambil keuntungan dari kemampuan dan fitur baru yang dihadirkan ke platform baru Sony itu, termasuk fitur pengontrol nirkabel DualSense.

Baca Juga :  Apple Masih Juara, Samsung Terpental Lagi

Sebagai mana dilansir Sony dalam postingan di blog resminya, banyak game PS5 akan menggunakan teknologi dan fitur baru yang ditawarkan oleh pengontrol DualSense. Kontroler baru DualSense untuk PS5 sendiri dihadirkan dengan beragam fitur canggih semisal pemicu adaptif dan ‘umpan balik haptic’ dan banyak lagi.

Pihak Sony juga mengonfirmasi bahwa perangkat tambahan khusus yang dilisensikan, seperti aksesori setir untuk game simulasi mengemudi, arcade sticks, dan fight stick serta joystick yang fokus pada penerbangan, dapat digunakan dengan PS5 dan perangkat lunak PS4 yang kompatibel. Namun, Sony mengatakan tidak menjamin pengoperasian semua produk berlisensi resmi atau perangkat periferal perusahaan lain dapat berjalan lancar di PS5 atau tidak.

Baca Juga :  Jaga Hoax Corona Covid-19, Instagram Hanya Berikan Informasi Dari WHO dan CDC

“Silakan periksa pabrikan untuk status kompatibilitas PS5 dari setiap judul game. Maksudnya adalah pihak ketiga harus bekerja, tapi jangan salahkan jika mereka tidak kompatibel,” kata Sony sebagaimana dikutip dari blog resminya pada Minggu (9/8).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment