Mulan Tayang Bukan di Bioskop, Streaming Eksklusif di Disney+

KalbarOnline.com − Aksi Liu Yifei sebagai Fa Mulan dalam live-action Mulan telah lama dinanti. Tapi, pandemi Covid-19 membuat film itu harus menunda perilisan hingga berkali-kali. Namun, Rabu (5/8) Disney akhirnya menemukan titik terang soal perilisan perdana film remake animasi Mulan (1998) tersebut. Mulan akan ditayangkan perdana melalui Disney+ mulai 4 September mendatang.

Kabar itu disampaikan langsung oleh CEO Disney Bob Chapek melalui sebuah panggilan konferensi. Penayangan secara streaming eksklusif tersebut akan dilakukan di sebagian besar pasar Disney+. Di antaranya, AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan beberapa negara di Eropa Barat.

’’Untuk memenuhi kebutuhan konsumen selama periode tak terduga ini, kami pikir penting untuk menemukan cara alternatif dalam membawa film ramah keluarga yang luar biasa ini kepada mereka secara tepat waktu,’’ kata Chapek.

Namun, tidak seperti film Disney lainnya yang ada di Disney+, Mulan akan ditayangkan dengan sistem rental. Artinya, penonton harus membayar USD 29,99 (Rp 436 ribu). Biaya itu di luar harga langganan bulanan Disney+.

Baca Juga :  Ini Daftar Hotel yang Dijadikan Penampungan Pasien Covid-19

Banyak fans yang mengeluhkan harga rental yang terbilang mahal jika dibandingkan dengan tiket menonton di bioskop. Juga pengalaman menonton yang dihasilkan tidak semaksimal di bioskop. Namun, Chapek berpendapat bahwa itu bisa menjadi salah satu uji coba model bisnis industri perfilman yang baru. ’’Kami mencoba membuat jendela akses premier baru untuk menangkap investasi yang kami dapatkan (dalam film). Kami akan memiliki kesempatan untuk belajar dari ini,’’ jelasnya.

Di samping itu, Chapek mengatakan bahwa Mulan diharapkan tidak hanya memberi pendapatan dari transaksi PVOD (premium video on demand, Red), tapi juga menarik lebih banyak penonton agar berlangganan Disney+.

Meski begitu, Disney masih berencana menayangkan Mulan di bioskop bagi negara-negara yang tidak memiliki akses Disney+. Juga bagi negara yang bioskopnya telah dibuka kembali. Indonesia sendiri saat ini belum bisa mengakses Disney+. Namun melalui cuitan di akun Twitter Disney+ Hotstar ID, diketahui bahwa layanan itu bisa diakses mulai 5 September mendatang. ’’Apakah kalian sudah siap, Indonesia? Mulai streaming 5 September,’’ cuitnya Rabu (5/8).

Baca Juga :  Dukcapil Kemendagri Ganti 16 Ribu Dokumen KK Korban Banjir di Kalsel

PERJALANAN PANJANG MULAN

  • Premiere Hollywood Mulan sudah dilakukan pada 9 Maret 2020 yang digelar di Dolby Theatre. Di Indonesia film ini dijadwalkan tayang 25 Maret.
  • Pandemi Covid-19 membuat bioskop di banyak negara ditutup, termasuk AS. Disney mencabut lagi tanggal rilis Mulan.
  • Dengan penuh optimisme, Disney mengumumkan bahwa Mulan akan dirilis pada 24 Juli 2020, mengambil alih slot Jungle Cruise.
  • Karena bioskop di AS belum dibuka akibat Covid-19 yang belum mereda, Mulan diundur lagi menjadi 21 Agustus 2020. Namun pada 23 Juli lalu, Disney mencabut lagi jadwal rilis itu.
  • Kemarin (5/8) Disney mengumumkan bahwa Mulan akan ditayangkan melalui Disney+ secara eksklusif di beberapa negara, termasuk AS.

Comment