Bersedia Hentikan Permusuhan dengan AS, Tiongkok Ajukan 4 Syarat

KalbarOnline.com – Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi menegaskan Tiongkok bersedia untuk memulai kembali pembicaraan dengan Amerika Serikat terkait permasalahan antara keduanya. Seperti diketahui, kedua negara itu terjebak dalam retorika yang semakin memanas dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam wawancara dengan kantor berita Xinhua pada Rabu (5/8), Wang juga mengatakan bahwa Tiongkok akan bertindak dengan tenang dan rasional. Dia sadar bahwa sebagai negara dan anggota organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) keduanya harus memelihara perdamaian dunia.

“Kami bersedia untuk memulai komunikasi yang jujur ​​dan efektif dengan AS dan menanggapi dengan tenang dan rasional terhadap impulsif dan kegelisahan AS,” kata Wang seperti dilansir dari South China Morning Post, Jumat (7/8).

Baca Juga :  Efektivitas Vaksin Covid-19 Pfizer Bisa Rangkul Kelompok Anti-Vaksin

“Kami dapat memulai kembali saluran komunikasi dengan AS di semua hal dan di semua bidang kapan saja, dan masalah apa pun dapat diselesaikan,” katanya.

Tawaran itu datang karena ketegangan antara Tiongkok dan AS semakin buruk selama setahun terakhir oleh berbagai masalah. Termasuk pandemi virus Korona dan persaingan politik atas spionase, Hongkong, Xinjiang, dan teknologi.

Baca Juga :  Tahun Baru Berbeda di Times Square New York, Lengang Akibat Pandemi

Dalam wawancara dengan Xinhua, Wang mengusulkan empat poin kerangka kerja yang jelas untuk kembali menjalin hubungan diplomatik. Wang mengatakan Tiongkok tidak pernah dan tidak akan ikut campur dalam pemilihan umum AS dan politik internal, dan AS juga tidak boleh mencoba mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok.

Kedua adalah memelihara komunikasi dan diskusi yang jujur. Sedangkan yang ketiga adalah mengutamakan kerja sama. Prinsip terakhir atau keempat yakni menyarankan agar kedua negara bertanggung jawab bersama untuk masalah keamanan global.

Comment