Pekerja Google Dilaporkan Bekerja Dari Rumah Sampai Pertengahan 2021

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 telah memaksa banyak orang bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Beberapa perusahaan teknologi terkemuka seperti Google juga  mengadopsi konsep WFH. Baru-baru ini dilaporkan, Google memperpanjang masa WFH bagi pekerjanya sampai pertengahan tahun depan.

Ini dilaporkan pertama kali oleh Wall Street Journal. Sebagaimana dikutip KalbarOnline.com pada Rabu (29/7), Google dilaporkan memperpanjang kebijakan kerja jarak jauh hingga 30 Juni 2021 karena dampak dari pandemi Covid-19. Ini berarti bahwa sebagian besar dari 200.000 karyawan dan kontraktor Google dapat bekerja dari rumah hingga Juni 2021.

CEO Google Sundar Pichai membuat keputusan untuk membantu karyawan Google menyelaraskan jadwal kerja dengan jadwal sekolah anak-anak mereka. Sebab, banyak anak juga tidak akan kembali ke sekolah tatap muka langsung.

Karyawan Google mulai bekerja jarak jauh mulai Maret. Pada Mei, Pichai mengumumkan bahwa karyawan Google kemungkinan akan bekerja dari rumah untuk sisa tahun 2020. Sebelumnya, ada beberapa karyawan yang perlu kembali ke kantor pada Juni atau Juli ini tetapi kemudian ditunda hingga September.

Baca Juga :  Google Janjikan Seluruh Produknya Bebas Plastik pada 2025

“Untuk memberi karyawan kemampuan untuk merencanakan ke depan, kami memperluas pekerjaan sukarela global kami dari opsi rumah hingga 30 Juni 2021 untuk peran yang tidak perlu ada di kantor,” Pichai menulis dalam email kepada karyawan, yang dikutip Business Insider.

“Saya harap ini akan menawarkan fleksibilitas yang Anda butuhkan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan menjaga diri Anda dan orang yang Anda cintai selama 12 bulan ke depan,” tandas Pichai.

Perusahaan teknologi lain pun memungkinkan karyawan mereka bekerja dari rumah setelah pandemi Covid-19. Amazon misalnya, raksasa E-Commerce itu juga memperpanjang pekerjaannya dari kebijakan rumah. Karyawan Amazon yang dapat bekerja dari rumah memiliki opsi untuk bekerja dari jarak jauh hingga Januari 2021.

Baca Juga :  Cashback 80 Persen Buat Pelanggan Telkomsel, Simak Caranya

Kemudian ada Facebook. Sebagian besar karyawan Facebook dapat bekerja dari rumah hingga akhir tahun 2020, meskipun beberapa karyawan kembali ke kantor pada Juli. Seperti Google, karyawan Facebook mulai bekerja dari jarak jauh mulai Maret.

Facebook mengatakan akan memungkinkan beberapa karyawan untuk bekerja dari rumah secara permanen. CEO Facebook Mark Zuckerberg berharap bahwa 50 persen karyawan Facebook akan bekerja dari jarak jauh pada 2030.

Microsoft juga demikian, perusahaan perangkat lunak itu akan melanjutkan pekerjaannya dari kebijakan rumah hingga Oktober. Karyawan Microsoft mulai bekerja dari jarak jauh pada Maret.

Twitter pun demikian. CEO mereka Jack Dorsey mengumumkan pada Mei bahwa kecuali mereka yang diharuskan hadir secara fisik di kantor, karyawan Twitter akan dapat bekerja dari rumah secara permanen.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment