by

Soal Desa Mandiri, Bupati Muda Komitmen Perkuat Indikator Indeks Desa Membangun

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sedang berproses memperkuat arah kebijakan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengenai Desa Mandiri. Hal itu disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menanggapi permintaan Gubernur Sutarmidji terkait pemenuhan indikator Indeks Desa Membangun (IDM) saat melakukan safari Ramadhan di Kubu Raya, baru-baru ini.

Orang nomor wahid di Kubu Raya ini menegaskan, masyarakat Kabupaten menjadi pihak yang paling berkepentingan dengan adanya desa mandiri.

“Tentu kami menyambut baik. Malu kita kalau Gubenur saja bicara desa mandiri sementara kita di kabupaten tidak. Harusnya setiap hari, ini sudah menjadi sasaran,” ujarnya.

Terkait hal itu, Muda mengungkapkan pihaknya terus merumuskan langkah-langkah dan upaya percepatan dalam pengelolaan keuangan desa. Bahkan Kubu Raya kini sudah memulai implementasi transaksi non-tunai dalam pengelolaan keuangan desa dengan 28 desa dari 8 kecamatan sebagai pesertanya.

“Mudah-mudahan ini menjadi percontohan nasional. Karena memang menurut Kementerian Desa PDTT ini baru pertama kalinya dilakukan di Indonesia,” sebutnya.

Terkait target pemenuhan indikator Indeks Desa Membangun, Muda menyatakan telah melokalisasi dan menginventarisasi satu demi satu intervensi yang dilakukan untuk masing-masing desa.

“Insya Allah kami akan bertekad terus karena ini akan menjadi ibadah kita juga untuk masyarakat di kampung-kampung yang harus kita perkuat sama-sama agar kehidupannya bisa lebih tenang dan bahagia,” pungkasnya. (ian/rio)

Comment

News Feed