Dinas Perpustakaan Pontianak Kembali Gelar Lomba Karya Tulis Kearsipan IV, Siapkan Tulisan Terbaikmu

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Perpustakaan kembali menggelar lomba karya tulis kearsipan ke-IV. Lomba karya tulis kearsipan ini merupakan agenda dua tahunan yang selalu dilaksanakan Pemerintah Kota Pontianak.

Dinas Perpustakaan Pontianak Kembali Gelar Lomba Karya Tulis Kearsipan IV, Siapkan Tulisan Terbaikmu 1

Seperti yang ditegaskan oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kota Pontianak, Dwi Suryanto, peserta lomba karya tulis diminta untuk merekonstruksi atau menuliskan kembali sejarah atau budaya daerah Kalimantan Barat melalui suatu karya tulis ilmiah dengan mendayagunakan arsip sebagai bahan rujukan penelitian karya tulisnya dengan menggunakan arsip sebagai bahan rujukan. Peserta lomba karya tulis dapat memperoleh informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan atas karya tulis yang dibuatnya.

Lomba karya tulis ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkot dalam menyediakan wadah bagi masyarakat dan mahasiswa generasi muda pada khususnya untuk mengembangkan minat dan bakat menulis dalam hal ini bidang kesejarahan dan budaya, diharapkan kelak semakin banyak penulis muda yang senantiasa mengangkat tema sejarah, budaya lokal daerah yang dirasakan saat kini masih kurang dibanding dengan yang mengakat tema-tema populer atau fiksi.

Baca Juga :  Ponpes Darunnaim Dapat Bantuan Bus, Habib Zaky Bersyukur Dapat Bantuan Aspirasi dari Syarif Abdullah

Sementara Djumarni, SE, Seksi Pembinaan Kearsipan dan Pelayanan Arsip yang merupakan salah satu panitia lomba mengatakan bahwa peserta dapat merekonstruksi atau menuliskan kembali peristiwa besejarah yang pernah terjadi atau budaya yang pernah berkembang di tengah-tengah masyarakat khususnya di Pontianak dan Kalimantan Barat.

Peserta lomba dapat memilih salah satu tema dari empat tema yang telah disediakan panitia, diantaranya peristiwa-peristiwa di Kalimantan Barat, peran tokoh daerah dalam peristiwa sejarah lokal daerah Kalbar, sejarah kelembagaan yang terkait dengan peristiwa sejarah lokal daerah, budaya dan kearifan lokal dan daerah Kalbar.

Baca Juga :  Wakapolda Kalbar dan Sejumlah Kapolres Dirotasi

Lomba karya tulis kearsipan ke-IV kali ini dimulai sejak Oktober hingga November 2018 dengan melalui beberapa rangkaian Lomba antara lain, tahap penyerahan karya tulis per tanggal 1 hingga 26 Oktober 2018, tahap penilaian juri per tanggal 1 hingga 6 November 2018 dan pengumuman finalis pada 9 November 2018 serta presentasi empat karya terbaik dan penyerahan hadiah pada 17 November 2018.

Syarat ketentuan bagi peserta lomba dan pengumuman finalis empat karya lomba karya tulis kearsipan IV dapat dilihat dan diunduh pada halaman website http://arpusda.pontianakkota.go.id dan facebook: Perpustakaan Kota Pontianak.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait lomba karya tulis ilmiah ini dapat menghubungi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak sesuai alamat Jalan Alianyang No. 7B Pontianak.

“Bisa juga menghubungi kontak personal Ardy, telepon 08115700530 atau Sumiati, telepon nomor 085248444933,” tandas Djumarni. (Ardy/Arsip)

Comment