Categories: Kubu RayaNasional

Kadispenad : Netralitas TNI AD di Pilkada Jangan Diragukan, Melanggar Akan Ditindak Tegas

Brigjen Denny: Netralitas TNI merupakan jiwa, nafas dan sikap setiap prajurit

KalbarOnline, Nasional – Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) menegaskan bahwa dalam perhelatan Pilkada Serentak 2108 maupun tahapan Pemilihan Legistlatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, TNI AD senantiasa menjaga dan memegang teguh Netralitas TNI. Hal ini tidak terlepas dari komitmen TNI AD yang sering disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat.

Dalam pernyataan resminya di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jum’at (22/6), Brigen TNI Alfret Denny D. Tuejeh menyampaikan bahwa Bagi TNI AD, netralitas TNI merupakan jiwa, nafas dan sikap setiap prajurit.

“Tidak hanya terkait dengan pesta demokrasi namun juga dalam kehidupan kesehariannya, baik didalam kedinasan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan. Ini sudah final, tidak bisa ditawar-tawar, bahkan diragukan maupun dipertanyakan lagi,” tegas Brigen TNI Alfret Denny D. Tuejeh.

Dirinya juga menyebutkan dalam menyikapi situasi politik yang demikian dinamis menjelang hari pencoblosan tanggal 27 Juni 2018, Kadispenad mengajak agar seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dengan baik.

“Menjelang hari pemilihan yang sudah tinggal hitungan jari, TNI AD mendorong agar seluruh rakyat Indonesia untuk terlibat secara aktif dan positif guna mendukung terlaksananya pemilihan kepala daerah serentak di 171 wilayah secara langsung, umum, jujur, adil serta damai,” imbuhnya.

Selanjutnya,  dalam menyikapi keikutsertaan para purnawirawan dalam Pilkada, Kadispenad juga menyatakan bahwa sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 dan UU TNI No 34 tahun 2004, TNI AD tidak akan pernah terlibat, melibatkan diri atau dilibatkan dalam politik praktis.

“Tugas TNI hanya mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara. Adapun tugas dan peran dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi, sifatnya hanya tugas bantuan kepada Polri. TNI AD tidak mempunyai niat sedikitpun untuk mempengaruhi proses maupun hasilnya. TNI AD senantiasa menempatkan diri diatas kepentingan seluruh  rakyat dan bangsa Indonesia,” tutur lulusan Akademi Militer angkatan 1988 ini.

Sebagaimana pesan Kepala Staf Angkatan Darat lanjut dia, dibeberapa daerah terdapat para purnawirawan TNI yang mencalonkan diri, bagi Angkatan Darat itu merupakan hak politik mereka sebagai masyarakat sipil dan tidak ada hubungannya dengan Angkatan Darat lagi.

“Dengan adanya Perintah Presiden, Panglima TNI dan Kasad, serta penekanan pada setiap pengarahan kepada prajurit, baik dalam kunjungan kerja bahkan safari ramadan, yang juga memerintahkan prajurit agar netral, maka seharusnya tidak ada lagi yang meragukan Komitmen TNI AD terkait masalah Netralitas. Kalaupun ada yang terindikasi tidak netral, itu mungkin saja terjadi kepada oknum tertentu,” tegasnya.

Dirinya juga berterima kasih dan menerima masukan serta kritikan, kalau memang ada prajurit yang tidak netral. Hal ini menunjukan kecintaan terhadap TNI AD dalam mengawal Proses demokrasi di Indonesia.

“Namun pada sisi lain, kita berharap ada masukan yang pasti dan jelas, siapa prajurit yang tidak netral, dari satuan mana asalnya. Sehingga bukan hanya asal bicara tapi tidak menunjukan bukti yang benar. Kalau ada laporkan secara resmi dan benar, pasti akan kita tindak secara tegas dan bahkan terbuka. Proses hukum terhadap prajurit yang tidak netral juga merupakan bagian dari proses demokrasi yang baik di Indonesia,” kata dia.

Dirinya memaparkan, perilaku ini (ketidaknetralan) tidak hanya menciderai kepercayaan masyarakat namun juga melanggar perintah atasan yang sudah sering disampaikan bahkan sumpah dan janjinya sebagai prajurit serta amanah Undang-Undang.

“Ini bukan hanya sekedar retorika belaka, kita akan lihat bersama, apakah TNI AD menindaklanjutinya atau tidak, dan publik pun bisa menilai komitmen dan integritas ini,” ucap Jenderal bintang satu yang oleh Media akrab dipanggil Brigjen Denny.

Sebelum mengakhiri, dirinya berpesan atas nama korp TNI AD, Kadispenad  berharap agar seluruh komponen bangsa untuk menghentikan sorotan atau polemik netralitas TNI.

“Percayalah, sebagai prajurit Sapta Marga, kita tidak pernah berkeinginan untuk menggores bahkan melukai hati rakyatnya hanya demi kepentingan perorangan ataupun kelompok tertentu,” pungkas Kadispenad. (ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria
Tags: 231 Prestasi Sutarmidji236 Penghargaan Sutarmidji236 Prestasi Sutarmidji3 LO Calon DPD – RI Terima Hasil Verifikasi Faktual dari KPU Sekadau6 Temuan Sutarmidji setelah Keliling KalbarAntisipasi PelanggaranBertemu Dengan Berbagai OrmasBrigjen Denny: Netralitas TNI merupakan jiwaBuka Kegiatan Pekan Pemuda Daerah GKII dan GAMKI se – KetungauBupati Jarot Minta Masyarakat Tak Sungkan Diskusi di PendopoBupati Jarot: Sebagai Penguatan Karakter KeimananBupati Jarot: Tetap Jaga Persatuan dan KesatuanBupati Kubu Raya MantuBupati Rusman Ali Mengaku Bahagia Menikahkan Putri Semata WayangnyaCamat Muara Pawan Imbau Warga Tak Bakar Lahan dan Tangkap Ikan Dengan Melanggar AturanCoblos nomor 3Dialog bersama masyarakatDialogis Dengan Masyarakat Desa Mungguk LawangDialogis Dengan Masyarakat SelakauDihadapan Puluhan Ribu Massa Kampanye AkbarErry: Sutarmidji – Ria Norsan Dwi Tunggal KalbarGubernur Kalbar 2018Hadiri Pernikahan Warga Pemangkat SambasHampir Seluruh ASN HadirHari Pertama KerjaHari Pertama Masuk Kerja Pasca Cuti Bersama LebaranIngin SejahteraJarot: Anak muda harus siap hadapi kemajuan suatu daerahJika TerpilihKadispenad : Netralitas TNI AD di Pilkada Jangan DiragukanKalbar BaruKalbar Baru Untuk SemuaKampanye Akbar Midji - Norsan di SambasKunjungi dan Tatap Muka Dengan Masyarakat Desa Mungguk LawangLakukan pemerataan pembangunan yang berlandaskan keadilanMantan Kapolda Kalbar Jadi Saksi Nikah Putri Bupati Rusman AliMasih Ada PNS di Ketapang Tak NgantorMasyarakat Kalbar Coblos Nomor 3Masyarakat Sambas Bulatkan Hati ke Midji – NorsanMasyarakat Sambas Sebut Kehadiran Midji – Norsan Merupakan KeberkahanMasyarakat Sejangkung Serahkan Suara Sepenuhnya Untuk Midji – NorsanMelanggar Akan Ditindak TegasMidji - NorsanMidji-Norsan Akan Gratiskan Pendidikan Hingga SMAMusik Tradisional Warnai Pernikahan Putri Rusman Alinafas dan sikap setiap prajuritPanwascam Delta Pawan Tingkatkan Pengawasan Selama Masa TenangPemkab KKR Gelar ApelPilgub Kalbar 2018Pjs Walikota Pontianak : Bersama Kita Jaga Situasi Kondusif Jelang Pilkada SerentakRia NorsanRusman Ali: PNS Jangan Lagi Tambah LiburSafari Midji - Norsan di SambasSafari Ramadhan di SambasSafari Ramadhan ke SambasSafari Ramadhan Midji - Norsan di SambasSenang Bisa Bertemu langsung dengan SutarmidjiSidak Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Cuti Bersama LebaranSoekarno – Hatta Dwi Tunggal IndonesiaSutarmidjiSutarmidji - Ria NorsanSutarmidji - Ria Norsan Nomor 3Sutarmidji 4 KalbarSutarmidji Ajak Masyarakat Kembali pada Al-QuranSutarmidji Doakan Ini Kepada MempelaiSutarmidji Hadir Dalam Perayaan Isra Miraj di SambasSutarmidji Komitmen Akan Tularkan Prestasi di Pontianak ke Seluruh KalbarSutarmidji: Mari Kita Kembalikan Marwah SambasSutarmidji: Saya Kukuhkan Sebagai Relawan Midji – NorsanTutup Turnamen Sepakbola Gawai CupVisi Misi Midji - NorsanYuk... Lihat Profil Kedua Mempelai

Recent Posts

Ani Sofian Dorong Guru Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme

KalbarOnline, Pontianak - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menutup secara resmi kegiatan Lokakarya 7…

41 mins ago

Angka Stunting Pontianak Kembali Turun

KalbarOnline, Pontianak – Angka stunting di Kota Pontianak berhasil turun pada awal tahun 2024 menjadi…

43 mins ago

Peringatan HUT Ke 10 IKAWATI Kantor Wilayah BPN Kalimantan Barat dan Hari Kartini Sukses Digelar

KalbarOnline.com, Pontianak - Jumat, 26 April 2024, Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kantor Wilayah…

4 hours ago

Menteri AHY: Saya Tidak Ikhlas jika Ada Tanah Rumah Ibadah Dirampas Mafia Tanah

KalbarOnline.com, Gowa - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)…

5 hours ago

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

14 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

17 hours ago