Safari Dialogis di Nanga Mau, Midji Norsan Didukung Tokoh Dayak dan Didoakan Pendeta

Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Bang Midji, Saat Mengikuti Sejumlah Ritual, Saat Safari Kampanye di Desa Nanga Mau (Foto: Elf)
Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Bang Midji, Saat Mengikuti Sejumlah Ritual, Saat Safari Kampanye di Desa Nanga Mau (Foto: Elf)

KalbarOnline, Sintang – Lebih dari 1.500 Masyarakat Desa Nanga Mau, Tebidah Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang berkumpul di lapangan futsal Kayan Hilir untuk menyambut kedatangan Calon Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang akrab disapa Bang Midji, pada acara kampanye dialogis, Sabtu (10/3).

Antusiasme masyarakat Nanga Mau untuk bertemu langsung dengan Calon Gubernur Kalbar perlu diapresiasi. Mereka rela menunggu semenjak pukul 13.00. Teriakan “Bang Midji” pun terdengar bergantian dari masyarakat saat Bang Midji tiba di lokasi.

Acara dimulai dengan tarian Dayak serta pemotongan batang tebu oleh Bang Midji dilanjut dengan sambutan Ketua Adat Dayak Suku Unau, Janai yang terlebih dahulu memotong ayam, menginjak telur dan menggigit Mandau sebagai bentuk penghormatan kepada Bang Midji yang sudah bersedia datang ke desanya.

Janai mengatakan, dirinya sangat yakin Midji Norsan dapat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar sehingga jika terpilih, dia berharap jalan akan diperbaiki, rumah adat dayak dibangun, dan sekolah gratis.

Junai juga berpesan kepada Bang Midji, jika warganya kelak datang ke Bang Midji maka bisa diterima dengan baik seperti dirinya dan masyarakatnya sudah menerima Bang Midji saat ini di desanya.

“Kami sudah menghormati beliau datang jadi terima kami jika suatu saat datang,” tegasnya sambil disalami oleh Bang Midji tanda setuju.

Bang Midji memaparkan program-programnya kepada masyarakat yang hadir diantaranya infrastruktur, kesehatan dan juga pendidikan.

Bang Midji menegaskan ketiga hal tersebut yakni pendidikan, kesehatan, dan perbaikan infrastruktur menjadi prioritas Midji Norsan.

Acara dilanjutkan dengan dialog bersama masyarakat.

Seorang warga sekaligus Ketua LSM KPK, Adhar mengutarakan keinginannya agar Midji Norsan bisa memberantas korupsi di Kalbar karena menurutnya korupsi bisa membahayakan masa depan generasi mendatang.

Dirinya juga berharap ada perbaikan jalan Simpang Medang, Nanga Mau, dan Serawai. Ketiga jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat, khususnnya bagi masyarakat Nanga Mau dan sekitarnya.

Darmin, seorang tokoh Dayak, meminta jika nanti Midji Norsan terpilih menjadi pemimpin Kalbar agar tetap bisa menjaga keamanan dan mengayomi masyarakat multi etnis di Kalbar.

Selain keamanan dan korupsi, dari beberapa aspirasi masyarakat, mereka lebih berharap Midji Norsan bisa memperbaiki infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

“Kami akan berlaku adil untuk semua etnis, golongan dan agama baik yang memilih kami maupun yang tidak,” tegas Bang Midji, menanggapi pertanyaan dan aspirasi masyarakat.

Bang Midji mengakui dengan melakukan dialogis, dirinya lebih tahu kondisi daerah dan aspirasi masyarakat lebih mendalam.

“Itulah mengapa saya dan Pak Ria Norsan harus keliling Kalbar, untuk mengetahui kondisi dan harapan masyarakat. Karena saat ini saya Calon Gubernur Kalbar. Kalau statusnya Wali Kota kan tidak mungkin pergi ke Sintang,” pungkasnya.

Acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh seorang pendeta.

“Ya Tuhan, berilah kami pemimpin Kalbar yang bisa mengayomi semua golongan. Berilah kemenangan pada Midji Norsan di pilkada 2018 ini,” ucapnya serta diaminkan masyarakat yang hadir. (Fai/Elf)

Tinggalkan Komentar