Berikan Kuliah Umum, Ini yang Disampaikan Bupati Sintang

KalbarOnline, Sintang – Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) menggelar Kuliah Umum Kelas  Sintang di Gedung Pancasila, Kamis (06/10/2016).

Kuliah umum ini mengambil tema “Membangun Karakter Bangsa yang Handal Melalui Bidang Kesehatan, Ekonomi dan Pendidikan Tinggi Menuju Sintang yang Produktif, Berkualitas, Sejahtera dan Demokratis Menyongsong Globalisasi Persaingan Bebas”

Hadir dalam kuliah umum tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno, Helman Fachri Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Jefrai Edward Ketua DPRD Sintang, jajaran UMP Kelas Sintang dan mahasiswa UMP Kelas Sintang.

Pengelola Universitas Muhammadiyah Pontianak Kelas Sintang, H. Achmad Sutarmin  menyampaikan kuliah umum dilaksanakan untuk menjaga tradisi ilmiah di lingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiyah serta mendekatkan diri kepada masyarakat Sintang.

“Proses perkuliahan sudah berjalanan dengan baik untuk  tiga jurusan kesehatan masyarakat, manajemen dan teknik mesin, sementara jurusan perikanan belum bisa kami buka meskipun sudah ada ijin dari Dikti. Pada wisuda pada November 2016 nanti,mahasiswa kelas Sintang juga sudah ada yang bisa diwisuda,” terang H. Achmad Sutarmin.

Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Sintang, Slamet Turmuji menyampaikan harapan agar Pemkab Sintang terus mendukung program-program Organisasi Muhammadiyah untuk membantu mencerdaskan masyarakat melalui dunia pendidikan.

“Kami meyakini pendidikan mampu membentuk seseorang mampu menjadi agen perubahan,”Ungkapnya.

Menurutnya kuliah umum ini penting untuk menyiapkan mahasiswa mampu menyiapkan diri menghadapi globalisasi.

“Indonesia harga mati untuk menjadi berkah bagi semua orang dan dikembangkan menjadi sebuah negara yang maju” terang Slamet Turmuji.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan peranan Universitas atau perguruan tinggi untuk menciptakan kaum muda yang siap kerja sangat penting.

“Pada tahun 2020 nanti, diperkirakan jumlah penduduk usia produktif lebih besar daripada penduduk usia tidak produktif. Tenaga kerja akan sangat banyak, sehingga perlu dibekali dengan kualitas SDM yang memadai,”Ungkapnya.

Jarot juga mengharapkan pihak UMP Kelas Sintang mulai mebangun perpustakaan untuk mendorong minat baca,“pelan-pelan perpustakaan itu harus dibangun,”pesanya.

Lebih lanjut Jarot menyampaikan ada sembilan Konsep Nawacita yang diusung pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun dan memperkuat karakter bangsa serta supaya tangguh menghadapi globalisasi.

“Salah satu dari 9 konsep nawacita yakni revolusi mental, ini penting untuk dipelajari dan diterapkan. Selain itu Tagline 5 AS (kerja Keras, Cerdas, Iklas, , Tuntas, dan Hindari Miras)  yang disampaikan Bupati Sintang 2005-2015 Milton Crosby juga baik untuk selalu diingat dan dilaksanakan,”Pesan Jarot. (Sg)

Tinggalkan Komentar