Bahas Promosi Sastra dan Orientasi Merdeka Kuliah

FAJAR.CO.ID, BILI-BILI –- Rapat kerja (Raker) Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Komisariat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Periode 2019-2023 di Villa Bili-bili Resort Kabupaten Gowa, Sabtu (29/2/2020), menitikberat pada pendataan alumni, serta promosi Sastra, dan Orientasi Merdeka Belajar.

Wakil Dekan III (WD3) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIB Unhas, Dr Andi Faisal, SS, M.Hum, menegaskan perlunya dukungan para alumni terutama dalam menyahuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadien Makarim soal Merdeka Belajar/Kuliah dan Kampus Merdeka.

“Program baru Mendikbud ini, perlu dicermati terutama program kuliah lintas jurusan maupun lintas fakultas. Sebab, tidak menutup kemungkinan dari jurusan eksakta, baik itu dari jurusan Teknik, Kedokteran, maupun jurusan lainnya bisa mengambil program satu semester di FIB. Kedokteran misalnya, ketika belajar neorolinguistik, bisa mengambil mata kuliah di FIB,” ungkap Faisal, sembari membuka kegiatan Raker tersebut.

Baca Juga :  KRI Tenggiri Serahkan 6 kantong Isi Bagian Tubuh dan Barang Korban

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni (IKA) Komisariat Fakultas Illmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas), Ketua Dr HA Syahrum Makkuradde, SS, SE, M.Si, yang juga Camat Biringkanaya Makassar menyampaikan, dirinya pernah dipanggil Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, guna berharap pendataan alumni guna Unhas menuju World to University.

“Kami juga berharap alumni bisa mendukung dan membantu program fakultas demi mewujudkan FIB menuju yang terbaik. Makanya, kami merencanakan akan melakukan kemah kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Makassar, guna mempromosikan Sastra pada anak-anak SMA,” imbuh Fung Oddang, panggilan akrab Andi Syahrum.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 akan Bangun Rasa Aman dan Kepercayaan Diri

Hal lain,
lanjut Syahrum, pihak alumni juga akan mengupayakan akan menyelenggarakan
seminar-seminar, baik Seminar Tingkat Nasional, maupun khusus masalah bahasa
dan kesastraan, dalam rangka membangun kemanusiaan itu sendiri.

Rapat
selanjutnya dengan melakukan brainstorming, guna mendengarkan masukan-masukan
dari para alumni yang kesemuanya bekerja di berbagai jurusan, di antaranya ada
yang pejabat di institusi pemerintahan, direksi di Badan Usaha Milik Daerah
(BUMD), Politisi, maupun yang tetap mengabdi di Kampus Unhas sebagai dosen. (lis)

Comment