Vaksinasi Covid-19 akan Bangun Rasa Aman dan Kepercayaan Diri

KalbarOnline.com – Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok, Sinovac, telah tiba di Indonesia. Mengenai kedatangan vaksin itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato optimis dapat membangun kepercayaan diri masyarakat dan mengerakkan kembali roda ekonomi Indonesia.

’’Pelaksanaan vaksinasi akan membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial ekonomi kita untuk mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas, serta menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,’’ ujar Airlangga melalui video YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta.

Vaksin itu sendiri tiba dengan pesawat Garuda dengan kargo khusus melalui rute Jakarta-Beijing-Jakarta pada Minggu, 6 Desember 2020 malam. Sebelum diberikan kepada masyarakat, vaksin Sinovac perlu melewati tahapan evaluasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pengecekan mutu, keamanan dan efektivitas. Vaksin ini juga masih menunggu fatwa MUI untuk fakta kehalalannya.

Baca Juga :  Menko PMK: Tak Mungkin Memvaksinasi Sekadar Aman tapi Tak Efektif

Setelah melalui berbagai tahap tersebut, Airlangga juga mengatakan vaksin ini akan didahulukan terutama untuk tenaga kesehatan nasional. ’’Ketersediaan dan pelaksanaan vaksinasi dilakukan juga secara bertahap, dengan prioritas tenaga kesehatan dan petugas layanan public,’’ ujar Airlangga, merujuk kepada aturan dari Menteri Kesehatan.

Dalam video tersebut, Airlangga juga menyatakan pemerintah telah menyiapkan dua skema pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat. Yakni, vaksin program pemerintah yang akan disediakan secara gratis dan vaksin mandiri yang dilaksanakan secara berbayar.

Baca Juga :  1 Jenazah Penumpang Sriwijaya Air Atas Nama Okky Bisma Teridentifikasi

Skema vaksin tersebut mengikuti Peraturan Presiden no. 99 tahun 2020, Peraturan Menteri Kesehatan no. 98 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19, dan dilengkapi dengan Keputusan Menteri Kesehatan no. 6567 tahun 2020 tentang penugasaan PT. Biofarma dalam pengadaan vaksin covid19 serta Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860 tentang penetapan jenis vaksin Covid19. Adapun aturan mengenai teknis pelaksanaan vaksin akan segera diterbitkan dalam waktu dekat. ’’Aturan rinci untuk kedua skema tersebut akan diterbitkan dalam 1 hingga 2 minggu kedepan,’’ ungkapnya. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment