Air Terjun Riam Asam Telogah: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau – Kalimantan Barat tidak hanya terkenal dengan hutan hujannya yang lebat dan kekayaan budayanya yang melimpah, tetapi juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang menakjubkan.

Salah satu destinasi yang patut Anda kunjungi adalah Air Terjun Riam Asam Telogah.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Terletak di Desa Idas, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau, objek wisata ini menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang gemar berkemah dan menikmati keindahan alam.

Air Terjun Riam Asam Telogah dikenal dengan pemandangan alamnya yang masih asri dan alami. Air terjun ini mengalir dengan jernih dan segar, membuat siapa saja yang melihatnya terpesona.

Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian menciptakan suasana yang tenang dan damai, sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Selain air terjunnya yang memukau, kawasan di sekitar Riam Asam Telogah juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan vegetasi yang subur.

Ini menjadikan tempat ini sebagai lokasi yang ideal untuk berkemah dan merasakan kedamaian alam.

Bagi Anda yang gemar berkemah, Riam Asam Telogah adalah tempat yang sempurna. Area di sekitar air terjun ini menyediakan ruang yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Anda bisa menikmati malam di bawah langit yang bertabur bintang dengan suara alami air terjun sebagai latar belakang.

Baca Juga :  PPKM Mikro, PNS Hingga Pegawai BUMN Tak Boleh Liburan Ke Luar Kota

Air terjun ini memiliki kolam alami yang jernih dan menyegarkan. Berenang di kolam ini akan memberikan sensasi yang menyegarkan, terutama setelah perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai lokasi.

Airnya yang dingin dan bersih membuat aktivitas berenang semakin menyenangkan.

Keindahan alam di sekitar Riam Asam Telogah sangat memikat, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi favorit para pecinta fotografi alam.

Anda bisa mengabadikan momen-momen indah dan pemandangan spektakuler yang ditawarkan oleh air terjun dan hutan sekitarnya.

Bagi penggemar hiking, perjalanan menuju air terjun ini menawarkan pengalaman yang memuaskan. Rute perjalanan yang menantang dengan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan akan memberikan pengalaman hiking yang tak terlupakan.

Untuk mencapai Air Terjun Riam Asam Telogah, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan dari Kecamatan Tembayan.

Meski jaraknya tidak terlalu jauh, perjalanan ini akan memberikan Anda pengalaman menyusuri jalan yang penuh petualangan dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jika Anda berencana untuk berkemah, pastikan membawa tenda, sleeping bag, dan peralatan berkemah lainnya. Jangan lupa membawa pakaian hangat karena suhu di malam hari bisa cukup dingin.

Baca Juga :  Nominalnya Jadi Rp 200 Ribu, Penyaluran BST Berlanjut Hingga 2021

Di sekitar lokasi air terjun tidak terdapat warung atau penjual makanan, jadi pastikan Anda membawa bekal yang cukup untuk kebutuhan selama di sana.

Karena medan menuju air terjun ini cukup menantang, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman serta sesuai untuk trekking.

Selalu bawa kantong plastik untuk sampah dan pastikan untuk tidak meninggalkan sampah apapun di lokasi untuk menjaga kelestarian alam.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, kunjungi air terjun ini pada musim kemarau. Di musim hujan, jalan menuju air terjun bisa menjadi lebih sulit dilewati.

Air Terjun Riam Asam Telogah adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih asri dan berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda nikmati.

Dari berkemah, berenang, hingga hiking, semua bisa dilakukan di tempat ini. Dengan persiapan yang matang, kunjungan Anda ke Riam Asam Telogah pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, jika Anda merencanakan liburan ke Kalimantan Barat, pastikan untuk memasukkan Air Terjun Riam Asam Telogah dalam daftar kunjungan Anda. Selamat berpetualang! (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment