Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan, PLN Gandeng PWI Kalteng Gelar UKW

KalbarOnline, Palangka Raya – Dalam upaya mendukung peningkatan kompetensi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan tersebut digelar pada 27 – 29 Mei 2024, di Palangka Raya.

General Manager UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu komitmen PLN dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4, yang bertujuan untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua orang, dalam hal ini adalah terciptanya wartawan yang berkompeten.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Teman-teman media merupakan jembatan kami kepada masyarakat. Dengan adanya wartawan yang profesional, masyarakat tentunya akan mendapatkan informasi yang akurat, berimbang dan berintegritas. Informasi yang disajikan pun akan lebih mudah diterima dan dipahami,” terang Salam.

Salam juga menekankan, bahwa uji kompetensi wartawan merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa jurnalisme tetap berkualitas dan berintegritas tinggi. Karena melalui wartawan yang kompeten, akan turut memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.

Baca Juga :  Empat Kandidat Bakal Calon Ketua PWI Kalbar Siap Bertarung, Siapa Saja?

“Peran media juga sangat krusial dalam menyampaikan kritik membangun terhadap kinerja pelayanan dari PLN, untuk itu kami sangat mengapresiasi rekan-rekan media yang selalu menerapkan kode etik jurnalistik dalam melakukan pemberitaan,” ujarnya.

“Kami sebagai perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia, senantiasa mendorong rekan-rekan insan pers dan media untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik,” ungkap Salam menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Manager Unit Pelaksana Transmisi (UPT), Bayu Putra Andrianto menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tujuan sasaran program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Program ini diharapkan dapat menciptakan wartawan dan pengelola media yang kredibel, berkapasitas dan menjaga kode etik dalam pengelolaan media serta pemberitaan tentang PLN khususnya di Kalimantan Tengah,” ucap Bayu.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng, M Zainal menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung upaya dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme wartawan anggota PWI melalui kegiatan UKW, yang dibagi dalam dua tahap.

Baca Juga :  Hari Operasi Pembangkit Terbaik Sepanjang Sejarah, PLN Pastikan Kelistrikan Jelang Tahun Baru Aman

“Untuk tahap pertama, UKW dilaksanakan pada 27 hingga 29 Mei 2024, diikuti sebanyak 30 wartawan, yang terbagi dalam dua kelompok jenjang Madya dan tiga kelompok jenjang Muda. Tahap kedua, rencananya akan digelar pada Oktober atau November 2024 mendatang sebanyak tujuh kelompok,” jelasnya.

M Zainal menambahkan, pelaksanaan UKW merupakan amanah organisasi PWI yang harus dilaksanakan. Terlebih berdasarkan surat dari PWI Pusat, per 30 September 2024 mendatang bagi anggota yang belum berkompeten, maka status keanggotaannya akan digugurkan.

“Saya mengimbau kepada rekan-rekan anggota PWI, khususnya yang ada di Kalteng agar dapat mengikuti kegiatan UKW, terutama bagi anggota yang belum berkompeten,” katanya.

“Karena melalui UKW, menunjukan setiap wartawan anggota PWI bekerja secara profesional, berakhlak, dan bertanggungjawab sesuai Kode Etik Jurnalistik, UU 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Perilaku Wartawan PWI, serta PD/PRT PWI,” pungkas M Zainal. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment