Cuaca di Mekkah Panas, Pj Gubernur Harisson Imbau Jemaah Kurangi Jalan-jalan

KalbarOnline, Pontianak – Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengimbau calon jemaah haji untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan saat siang hari, mengingat suhu di tanah suci Mekkah saat ini berkisar antara 30 – 45 derajat celsius.

Imbauan itu disampaikannya saat melepas jemaah haji kloter 20 di Pendopo Gubernur Kalbar, Minggu (26/05/2024).

“Kalau menurut informasi yang kami terima suhu di sana sekitar 42 derajat celcius. Kalau kita melakukan aktivitas dengan suhu yang tinggi begitu, bisa saja kita menjadi sakit. Untuk itu saya sarankan jemaah haji banyak minum,” ujar Harisson usai melepas jemaah calon haji kloter 20.

Baca Juga :  Tingkatkan Kapasitas Inovator Lewat Pontianak Innovators Academy

“Kalau aktivitas diluar cari tempat yang dingin-dingin. Masjid di madinah maupun di Mekkah full AC, perbanyak ibadah. Kurangi ziarah dan jalan-jalan,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu Harisson juga mengingatkan kepada calon jemaah haji untuk tetap menjaga kesehatan saat berada di tanah suci. Serta membawa obat-obatan pribadi dan vitamin. Mengingat perbedaan cuaca yang dikhawatirkan akan membuat kesehatan terganggu.

“Wukuf di Arafah itu kan biasanya 16 hari. Jadi saya berpesan kepada jemaah benar-benar menjelang wukuf itu tetap menjaga kesehatan. Kurangi aktivitas yang tidak begitu penting,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mulyadi Ajak Warga Saksikan MTQ XXXII Kota Pontianak, Tersedia Doorprize Sembako

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Kalbar akan memberangkatkan 2.593 jemaah calon haji dari berbagai kabupaten dan kota. Nantinya jemaah akan mulai diterbangkan ke Embarkasi Batam pada Senin 27 Mei 2024. Jemaah haji yang berangkat pada Senin nanti, berasal dari Kabupaten Sambas dan menyusul Kabupaten kota lainya hingga tanggal 1 Juni mendatang. (Lid)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment