Sukses Digelar, Pemprov Minta West Kalimantan Swimming Competition Jadi Agenda Rutin Keolahragaan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Event West Kalimantan Swimming Competition yang diselenggarakan atas kerja sama E-Sport Journalist (ESJ) Pontianak, Pengprov Akuatik Kalbar dan Disporapar Provinsi Kalbar, sukses digelar di JC Oevaang Oeray Swimming Pool Pontianak, Sabtu (23/12/2023).

Kejuaraan yang menyedot ratusan peserta dari kalangan pelajar SD hingga SMA sederajat itu ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari.

Dalam kesempatan itu, Windy yang sekaligus mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ESJ Pontianak, Pengprov Akuatik Kalbar, pihak panitia dan segenap unsur yang terlibat dalam kesuksesan acara tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar menyampaikan apresiasi dan terima kasih, hingga acara ini dapat berlangsung lancar dan sukses,” ucapnya.

Selanjutnya, Windy kembali menekankan, bahwa regenerasi atlet tidak boleh berhenti dan stagnan. Regenerasi sedianya harus dilakukan terus menerus, agar estafet kelahiran atlet-atlet berbakat ini terus berlanjut di masa depan.

Baca Juga :  Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Sutarmidji Sempatkan Diri Sapa Warga di RSUD Soedarso

“Oleh karenanya, kami berharap event semacam ini dapat terus diagendakan secara rutin ke depan, dan kami dari pemerintah tentunya siap memberikan dukungan. Kami terbuka dan siap berkolaborasi,” jelasnya.

Pj Ketua TP PKK Kalbar yang juga Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari menyerahkan medali kepada juara West Kalimantan Swimming Competition kategori pelajar SD putri. (Foto: ESJ/KalbarOnline.com)
Pj Ketua TP PKK Kalbar yang juga Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari menyerahkan medali kepada juara West Kalimantan Swimming Competition kategori pelajar SD putri. (Foto: ESJ/KalbarOnline.com)

Secara umum, Windy menyatakan, selain me-regenerasi atlet-atlet berbakat, event semacam ini juga sangat positif bagi perkembangan kepemudaan dan kepariwisataan di Kalbar. Dengan kata lain, semakin ramai event keolahragaan yang digelar, maka multiplier effect yang ditimbulkan bagi kemajuan Kalbar juga akan semakin kentara dirasakan.

“Sehingga kita tidak hanya berbicara mengenai olahraga saja, tapi kita juga berbicara bagaimana soal menumbuhkan industri olahraganya. Semakin banyak event keolahragaan, tentu semakin positif bagi generasi anak-anak muda kita, dan dengan sendirinya juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terang Windy.

Selain itu, dengan terbiasanya provinsi ini menggelar event keolahragaan, maka secara tidak langsung akan menarik para wisatawan untuk datang. Menurut Windy, bahkan untuk level dunia sekalipun, event olahraga masih menjadi salah satu magnet terkuat untuk menarik para wisatawan.

Baca Juga :  Windy Terus Matangkan Persiapan Sambut Ketua PKK Pusat di Kalbar

“Maka dari itu, kami disporapar provinsi, selain fokus pada bidang olahraga prestasi, juga fokus pada pengembangan olahraga rekreasi atau perlombaan-perlombaan yang bersifat kedaerahan, adat atau kebudayaan,” jelasnya.

Terakhir, Windy turut merasa senang, bahwa event-event yang diselenggarakan di Provinsi Kalbar selama ini dapat berjalan aman dan lancar, relatif tanpa hambatan yang berarti. Ia pun berharap, kenyamanan dan kedamaian ini terus berlanjut dan dijaga bersama.

“Semoga GOR terpadu yang saat ini sedang berproses (dikerjakan) dapat segera terealisasi penggunaanya, dan ke depan kita akan siap untuk menjadi tuan rumah bagi kejuaraan apapun,” tutup Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment