HUT ke-52 Korpri, Wako Edi: Mantapkan Netralitas, Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai satu kesatuan, para ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sudah teruji memiliki jiwa korps yang tinggi. Berbagai prestasi diukir ditambah dengan kisah teladan lainnya saat menjalankan tugas, menjadikan ASN kian tangguh.

Kinerja para ASN pun tidak luput mendapat apresiasi dari Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Di hari puncak perayaan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), ia ingin mendorong semangat kebersamaan dan profesionalisme.

“Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. ASN sekarang dituntut kerja lebih cepat dan responsif melayani,” katanya usai apel HUT ke-52 Korpri, di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Rabu (29/11/2023).

Tantangan demi tantangan dihadapi ASN Pemkot Pontianak dalam lima tahun terakhir kepemimpinan Wali Kota Edi dan Wakil Wali Kota Bahasan. Mulai dari pengurangan anggaran maupun kurangnya tenaga ASN, dihadapi dengan optimal.

Baca Juga :  Bedah RAPBD Pontianak 2019, Evaluasi Penghematan Anggaran
ASN di lingkungan Pemkot Pontianak mengikuti upacara HUT ke-52 Korpri dengan khidmat. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)
ASN di lingkungan Pemkot Pontianak mengikuti upacara HUT ke-52 Korpri dengan khidmat. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)

Edi menjelaskan, terdapat jumlah 0,8 persen masyarakat Pontianak yang menjadi ASN Pemkot Pontianak. Angka itu menurutnya belum ideal. Kendati demikian, kinerja ASN Pemkot Pontianak masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai 91,10 yang dinilai oleh Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat.

“Idealnya komposisi ASN 1,1 persen dari jumlah penduduk di suatu wilayah untuk memenuhi pelayanan. Tapi kita bisa mengoptimalkan potensi dan kekurangan yang ada,” tuturnya.

Jiwa korps ASN Pemkot Pontianak kian terpacu ketika salah satu anggotanya mengalami musibah. Pada peringatan puncak ini pula, Pemkot Pontianak menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada seorang ASN di Satpol PP Kota Pontianak yang mendapat musibah. Penyerahan dilakukan oleh Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Pontianak bersama Sekretaris Daerah Kota Pontianak Mulyadi.

“ASN Pontianak sudah melek sosial, jika ada yang memerlukan, di lingkungan masing-masing, ASN harus jadi yang pertama kali menawarkan bantuan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Target Pendapatan Tak Realistis, Sutarmidji Sebut Mustahil Tercapai
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan Satya Lancana Karya Satya kepada ASN di lingkup Pemkot Pontianak. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan Satya Lancana Karya Satya kepada ASN di lingkup Pemkot Pontianak. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)

Memasuki masa kampanye yang sudah resmi dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin, Edi mengimbau ASN di lingkungan Pemkot Pontianak untuk menjaga netralitas. Ia menekankan aturan yang sudah ditetapkan. Menjaga netralitas bukan berarti kehilangan hak pilih, namun dilarang memberikan dukungan dalam bentuk apapun.

“Mantapkan netralitas dan jaga kondusifitas,” ucapnya.

Sebelumnya, perayaan HUT ke-52 Korpri diperingati dengan berbagai agenda. Diantaranya lomba badminton antar ASN serta Fun Walk. Para pemenang lomba menerima hadiah usai apel. Predikat ASN berprestasi juga diserahkan kepada beberapa orang ASN. Edi berharap, ASN Pemkot Pontianak semakin sejahtera.

“Mudah-mudahan ASN Pontianak bisa melanjutkan kinerja dari visi misi yang baik, serta meningkatkan yang selama ini kurang,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment