Peringati HUT ke 47 RSUD dr. Soedarso, Tingkatkan Layanan Raih Kepercayaan Masyarakat

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso Tahun 2023 di halaman RSUD dr. Soedarso, Sabtu (25/11/2023).

Perayaan HUT ini dirangkaikan dengan peresmian Unit Transfusi Darah RSUD dr. Soedarso. Turut hadir pada kesempatan iru Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, Dirut Bank Kalbar, perwakilan forkopimda dan beberapa kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda menyampaikan ucapan selamat atas perayaan HUT ke 47 RSUD dr. Soedarso Tahun 2023. Dirinya berharap agar RSUD dr. Soedarso yang merupakan satu-satunya rujukan terbesar di Kalimantan Barat dapat terus meningkatkan pelayanannya, sehingga semakin dipercaya oleh masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan.

“Saat ini kita sudah bisa melakukan pelayanan untuk penyakit jantung, ginjal, kanker. Tadi juga kita baru meresmikan Unit Transfusi Darah. Kita juga bersama-sama melihat ternyata darah dari pendonor itu dapat kita yakini ke seterilannya. Perlahan, semoga semua pelayanan di rumah sakit Soedarso secara umum itu semakin meningkat,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Sekda Kalbar Sampaikan Jawaban Anggota DPRD Terkait RAPBD 2024

Pihaknya juga berharap, pelayanan di RSUD dr. Soedarso tidak kalah dengan rumah sakit ternama di Indonesia, apalagi rumah sakit Soedarso sudah bekerja sama dengan rumah sakit jantung dan pembuluh darah rumah sakit Harapan Kita.

“Tentu pelayanan semakin meningkat serta keramahan kepada masyarakat dengan tidak membedakan atau diskriminasi karena semua sama,” terangnya.

Dirinya optimis, saat ini masyarakat sudah tidak perlu berobat ke luar Kalbar atau bahkan ke negara tetangga. Mengingat pelayanan-pelayanan yang ada di RSUD dr. Soedarso sudah semakin lengkap.

“Ini artinya kepercayaan masyarakat itu kita harapkan semakin meningkat dengan seiring meningkatnya pelayanan rumah sakit Soedarso,” katanya.

Ditambahkan Bari, Pemerintah Provinsi Kalbar juga mengapresiasi implementasi transformasi kesehatan pelayanan rujukan di RSUD dr. Soedarso dengan melakukan pengembangan layanan unggulan subspesialis, pengembangan teknologi pelayanan penunjang, pengembangan layanan digital melalui telemedicine dan pengembangan manajemen sistem informasi rumah sakit secara elektronik.

Dalam hal transformasi kesehatan bidang SDM, RSUD dr Soedarso juga merubah motto, yaitu Pelayanan CINTA (Cepat, Inovatif, Nyaman, Terdepan, Akuntabel). Di mana saat ini, menurutnya, RSUD dr. Soedarso telah menjadi pilihan pertama masyarakat kalbar untuk mendapatkan pelayanan.

Baca Juga :  Pj Sekda Kalbar Tekankan Penyusunan APBD Harus Selaras dengan Kebutuhan Daerah

“Ini adalah bukti komitmen direktur dan jajaran manajemen serta seluruh civitas RSUD Dokter Soedarso untuk berubah seiring dengan penambahan gedung layanan dengan fasilitas sarana dan prasarana serta Alat kesehatan yang modern dan peningkatan mutu layanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Soedarso, Hary Agung Tjahyadi mengatakan, perayaan HUT ke 47 RSUD dr. Soedarso Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Pelayanan Cinta Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso, Transformasi Kesehatan Untuk Kalimantan Barat Maju”.

“Pelayanan CINTA ini adalah motto baru kami di Tahun 2023 untuk meningkatkan pelayanan dan juga merubah budaya perilaku internal kami di Rumah Sakit. Mudah-mudahan dengan pelayanan CINTA tadi dengan sepenuh hati tetapi juga pelayanan yang cepat kemudian penuh dengan inovasi, nyaman bagi para pasien, terdepan dalam teknologi dan keilmuan dan akuntabel dalam pertanggungjawaban,” tuturnya.

“Mudah-mudahan ini bagian dari upaya transformasi kesehatan yang diamanahkan oleh Kementerian Kesehatan kepada Rumah Sakit Soedarso sebagai rujukan tertinggi di Kalimantan Barat dan sebagai rujukan utama di Wilayah Kalimantan ini,” timpal Bari. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment