Kalbar dan ANRI Siap Bangun Galeri di Daerah Perbatasan

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai salah satu wujud keseriusan dalam mengelola arsip statis yang berkaitan dengan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), jajaran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diketuai Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Andi Kasman melakukan audiensi bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, di Ruang Kerja Gubernur Kalbar, Selasa (07/11/2023).

Hadir secara langsung mendampingi Pj Gubernur Kalbar pada audiensi tersebut, Asisten I Sekda Provinsi Kalbar, Kepala Badan Perbatasan Provinsi Kalbar, Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalbar.

Usai pertemuan tersebut, Andi Kasman menyampaikan, bahwa Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Sarawak Malaysia.

Oleh karenanya, guna meningkatkan jaringan sistem informasi berbasis arsip, sudah sepatutnya Kalbar harus menyiapkan suatu portal yang mencakup segala urusan yang berhubungan dengan kearsipan. Di mana Kalbar sendiri merupakan jaringan SIKN dan JIKN yang cukup aktif dalam penginputan data di SIKN dan JIKN, sehingga arsip Kalbar dapat diakses oleh masyarakat baik nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Lantik Dua Wadir RSUD Soedarso, Sutarmidji: Jangan Hanya Banyak Duduk di Kantor

Hal ini sejalan dengan rencana dan program ANRI dalam rangka membangun galeri di daerah perbatasan yang tersebar di seluruh wilayah NKRI dan Kota Batam, salah satu wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga.

“Galeri ini akan menyajikan informasi perbatasan wilayah kedua negara melalui pameran arsip-arsip perbatasan yang dikemas dalam bentuk digital, sehingga masyarakat mengetahui dan paham tentang daerah perbatasan wilayahnya masing-masing,” katanya.

“Untuk itu peran serta fungsi Kalbar bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip sangatlah penting”, tambah Andi Kasman.

Baca Juga :  Peringatan Hari Ibu ke-95 dan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan Tahun 2023

Lebih lanjut dirinya mengharapkan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalbar nantinya dapat menyediakan serta memilih arsip-arsip penting untuk segera dipindahkan ke bentuk digital terutama arsip-arsip berkaitan dengan wisata, kebudayaan dan sebagainya.

Sejalan dengan hal tersebut, Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyambut baik terobosan dari ANRI yang ingin membangun sebuah galeri di daerah perbatasan, mengingat Kalbar merupakan salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

“Saya harapkan dari ANRI bisa membantu atau menyelaraskan bentuk-bentuk arsip apa saja yang dapat kita tampilkan. Dan nanti saya tindaklanjuti bersama seluruh jajaran tentang apa-apa saja yang bisa kita hadirkan di galeri itu,” kata Harisson. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment