Pimpin Peringatan HAB ke-76 Kemenag, Wagub Ria Norsan: Jadikan Agama Sebagai Inspirasi

Pimpin Peringatan HAB ke-76 Kemenag, Wagub Ria Norsan: Jadikan Agama Sebagai Inspirasi

KalbarOnline, Pontianak Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama (Kemenag) di Provinsi Kalimantan Barat diperingati dengan upacara bendera di halaman Kantor Kemenag Kalbar, Senin, 3 Januari 2021. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan didapuk sebagai inspektur upacara.

Sebagai informasi 3 Januari 1946 merupakan hari yang membanggakan bagi keluarga besar Kementrian Agama, karena pada tanggal tersebut Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat negara dan pemerintahan.

Selain upacara bendera, kegiatan HAB ke-76 juga dirangkai dengan penyematan tanda penghargaan Satya Lencana Karya Satya KORPRI kepada beberapa ASN di lingkungan Kemenag Kalbar yang telah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Baca Juga :  Daerah Dituntut Tingkatkan Pendapatan, Wujudkan Kemandirian Fiskal

Sebelum membacakan sambutan dari Menag RI, mengawali sambutannya Wagub Kalbar menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada ASN yang telah memperoleh penghargaan.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat dan terima kasih kepada ASN yang memperoleh penghargaan Karya Satya Lencana KORPRI, semoga menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Wagub.

Dalam sambutan Menag yang dibacakan Wagub, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan.

Pada kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua setiap dicanangkan hari sebagai program/kegiatan Amal Bhakti, tanggal 3 Januari, Kick off pelaksanaan tahun berjalan.

Baca Juga :  Selaseh 21 Juni, Kadiskes Kalbar Ingatkan Pentingnya Imunisasi Anak

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya.

“Di usia yang ke-76 terus berbenah. Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama,” kata dia.

“Saat ini kita memasuki hari ke-3 di tahun 2022. Kita sebagai manusia, harus berpegang pada prinsip hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Semoga kita menjadi orang yang beruntung baik di dunia maupun akhirat,” tutup Wagub Kalbar.

Turut hadir Kepala Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Barat Syahrul Yadi, Kepala instansi vertikal yang ada di wilayah Kalbar dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kalbar. Adapun peserta upacara terdiri dari seluruh ASN yang berada di lingkungan Kemenag Kalbar dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

 

Comment