Logo Hari Jadi 252 Pontianak Resmi Diluncurkan, Kembalikan Slogan Pontianak Bersinar

KalbarOnline, Pontianak – Logo Hari Jadi ke-252 Pontianak resmi diluncurkan. Ketua Panitia Hari Jadi ke-252 Pontianak, Iwan Amriady memaparkan, logo ini merupakan hasil sayembara Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bersama Pontinesia yang didukung desain grafis Kota Pontianak.

“Lembaga masyarakat yang melaksanakan (sayembara logo) ini, kita sebagai pemerintah melihat hasilnya sangat-sangat baik,” ungkap Iwan usai rapat persiapan Hari Jadi ke-252 Pontianak di Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman, Rabu (11/10/2023).

Puncak perayaan Hari Jadi ke-252 Pontianak jatuh pada hari Senin (23/10/2023). Segenap persiapan tengah dilakukan Pemkot Pontianak.

Tahun ini, hari jadi mengusung tema “Pontianak Bersinar”. Iwan menuturkan, tema tersebut sudah ada sejak lama, dan kali ini kembali digaungkan dengan semangat baru. Ia berharap semangat kebaruan menyebar dalam semarak perayaan hari jadi.

Baca Juga :  Kolase Rasa Khatulistiwa, Persembahan Localcreators di Hari Jadi ke-252 Pontianak

“Seiring dengan perkembangan zaman, kita tidak mendengar bahasa bersinar ini, dan baru dengar kembali sekarang,” ujarnya.

CEO Pontinesia, Ridho Brilliantoro menjelaskan, sebanyak 122 logo dikurasi oleh tiga dewan kurator pada Sabtu (30/09/2023) kemarin. Semua logo dikumpulkan peserta dalam waktu dua pekan durasi sayembara.

“Dewan kurator memilah dari 100 menjadi 50 besar, kemudian 10 besar dan 5 besar hingga akhirnya terpilih satu terbaik. Proses kurasi sangat intens,” paparnya.

Logo Hari Jadi ke-252 Pontianak. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)
Logo Hari Jadi ke-252 Pontianak. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)

Ketiga dewan kurator adalah Theofilus Irwan, Panji Prasetyo dan Jasmine Andini. Ketiganya merupakan desain grafis Kota Pontianak yang telah melalang buana di dunia desain grafis Kalimantan Barat sampai Indonesia. Ridho mengapresiasi proses kurasi yang berjalan ketat dari dewan kurator.

“Kita ingin mencari yang paling baik, sehingga waktu kurasi memakan hampir seharian. Menyesuaikan tema, filosofi, kemudian identitas visual,” imbuhnya.

Baca Juga :  128 Stand Ekraf Ramaikan "Kampong Ramadan" di Taman Alun Kapuas, Berhadiah Umroh dan Motor

Narasi “Pontianak Bersinar” sudah kental dalam branding Kota Pontianak. Masyarakat  mengenalnya sebagai singkatan dari Bersih, Sehat, Indah, Aman dan Ramah. Selain itu, Bersinar juga bermakna sebagai kota yang disinari matahari sepanjang tahun karena dilalui garis Khatulistiwa.

Ridho menambahkan, Bersinar juga menunjukkan semangat dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama memajukan Pontianak dengan karya, prestasi dan kontribusi.

“Dari Pontianak menyinari Indonesia,” pungkasnya.

Dengan resmi diluncurkannya Logo Hari Jadi ke-252 Pontianak, bagi instansi pemerintahan, BUMD/BUMN, pelaku usaha dan masyarakat umum bisa mengunduhnya melalui link https://bit.ly/HUTPTK252. Pedoman dan aset grafis Billboard, Font, Media Sosial, Pattern Corak Insang, Spanduk dan Twibbon ada di dalamnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment