Harga Telur Ayam Turun, Banyak Penjual dari Pembeli

KalbarOnline, Pontianak – Harga telur ayam mengalami penurunan di Pasar Dahlia, Jalan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak. Bulan ini saja, dari Rp 32.000 per Kg kini menjadi 24.000 per Kg. Sementara untuk harga perbutir mencapai Rp 1.800.

Saat ini, telur ayam tidak terlalu sulit mendapatkannya, telur-telur ini disuplai dari Kota Singkawang dan diambil lagi dari agen di Kota Baru, jadi diambil dari agen ke agen. Mirisnya, penurunan harga ini tak lantas membuat para pedagang ketiban untung.

Baca Juga :  Harga Tongkol Terjangkau, TPID Kalbar Terbaik se-Kalimantan 2020

Nasurah (41 tahun), seorang pedagang telur ayam di Pasar Dahlia menyampaikan, dengan penurunan harga ini tidak malah membuat pembeli semakin ramai, justru sebaliknya. Salah satu faktornya yakni banyak yang kini sudah berjualan telur.

“Tetapi malah sebaliknya, dengan turunnya telur, konsumen malah sedikit. Faktor dari sedikitnya pembeli diakibatkan banyaknya pedagang di jalan yang sudah menjual telur ayam, jadi di pasar mengalami pemerosotan, karena banyak penjual daripada pembeli,” ujarnya, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga :  Dugaan Bongkar Muat 844 Babi Tanpa Izin, Pj Gubernur Kalbar: Hak Dewan Panggil KSOP

Nasurah juga mengatakan, dengan perubahan harga ini, dari yang biasa dagangannya laku 3 sampai 4 ikat telur ayam, tapi sekarang hanya laku 1 sampai 2 ikat saja per harinya.

“Kira-kira 2 ikat setara dengan 600 (butir) telur, diakibatkan karena konsumen sudah berkurang,” katanya.

Penulis: Dinda Rahmi Dwi Putri/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment