Redam Gejolak Inflasi, Sutarmidji Tebar Ribuan Paket Sembako di Wilayah Singbebas

KalbarOnline, Pontianak – Guna meredam gejolak inflasi dan mitigasi dampak inflasi dari kebijakan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Gubernur Kalbar, Sutarmidji “turun gunung” melakukan kunjungan kerja di tiga kabupaten, Singkawang, Bengkayang dan Sambas (Singbebas).

Kunjungan kerja itu berlangsung selama 5 hari, sejak Jumat (23/09/2022) hingga Selasa (27/09/2022). Di tiga wilayah utara Kalbar itu, Sutarmidji memboyong sekitar 6 ribu paket bahan pangan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kabupaten Sambas ini betul-betul menjadi perhatian saya,” ucap Gubernur Sutarmidji saat penyerahan bantuan paket bahan pangan di Kecamatan Sambas pada Jumat (23/09/2022).

Selama di Sambas, Sutarmidji berkesempatan mengunjungi sejumlah tempat dan desa. Salah satunya, beliau menyambangi warga yang tinggal di perbatasan Malaysia-Indonesia di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, pada Sabtu (24/09/2022).

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji menyampaikan, bahwa bantuan sosial (bansos) yang diberikan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam rangka mengendalikan inflasi dan memitigasi terhadap dampak kebijakan pemerintah terhadap kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

“Ini bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kalbar terhadap masyarakat Kabupaten Sambas,” katanya.

Selain itu, pada hari yang sama, Sutarmidji turut menghadiri Festival Pesona Temajuk, Kabupaten Sambas, yang terselenggara atas hasil kolaborasi Polda Kalbar dan Pemprov Kalbar melalui Disporapar Kalbar.

Keesokan harinya, Minggu, 25 September 2022, Gubernur Sutarmidji berkesempatan menghadiri kegiatan Temu Akbar Pilar Sosial se-Kabupaten Sambas Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT Karang Taruna ke-62, di Aula Kantor Bupati Sambas.

Dari situ, beliau kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kecamatan Galing. Di sana, orang nomor satu di Kalbar tersebut menyerahkan bansos paket bahan pangan kepada masyarakat setempat. Penyerahan bantuan ini dipusatkan di Kantor Camat Galing, Jalan Tanjungpura Galing.

BACA JUGA:  Minta Kementerian ATR Maksimalkan Redistribusi Lahan, Midji : Yang Bisa Dipermudah Jangan Dibuat Ribet

Total ada 2 ribu bansos paket bahan pangan yang disebar untuk masyarakat se-Kabupaten Sambas.

Berlanjut esoknya, Senin, (26/09/2022), Gubernur Sutarmidji mendatangi kampus Politeknik Negeri Sambas (Poltesa). Kedatangannya ini untuk menghadiri acara Wisuda 375 Mahasiswa Program Sarjana Terapan dan Diploma III Politeknik Negeri Sambas (Poltesa).

Selanjutnya, gubernur juga menghadiri peluncuran Smart Digital Class (Smadicsa) di MAN Insan Cendekia Sambas. Bergeser dari situ, beliau kemudian bergerak ke Kecamatan Sebawi. Dimana di sini, menjadi tempat terakhir yang disambangi oleh orang nomor satu di Provinsi Seribu Sungai itu dalam kunkernya di Kabupaten Sambas. 

Di Sebawi, Sutarmidji menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Besar Nurrahman, Kecamatan Sebawi. Kehadiran Sutarmidji di Sebawi turut didampingi oleh Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi.

Tuntas melakukan kunjungan kerja di Sambas, sore itu, Sutarmidji bergerak menuju pemerintahan kota di sebelahnya, Singkawang.

Selang beberapa jam setelah tiba di Kota Seribu Kelenteng, malam harinya, Sutarmidji mengunjungi RSUD Abdul Aziz Singkawang.

Di rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang itu, Sutarmidji bersilaturahmi dengan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Sekda Singkawang, Sumastro, Direktur RSUD Abdul Aziz, Achmad Hardin dan seluruh jajaran RSUD Abdul Aziz.

Malam berganti siang. Pada Selasa (27/09/2022), Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyambangi dua wilayah kecamatan, Singkawang Barat dan Singkawang Selatan. Di sana, Sutarmidji menyerahkan secara simbolis bansos paket bahan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Usai menyerahkan 2 ribu bansos paket bahan pangan di dua lokasi di Kota Singkawang, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji kemudian melanjutkan agenda yang sama di Kabupaten Bengkayang.

Seperti pada kunjungan kerja dua kabupaten sebelumnya, di Bengkayang, Sutarmidji juga mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Dimana ratusan pelajar dan warga di sana telah menunggu dengan sangat antusias untuk menyambut kedatangannya di halaman Masjid Jami Mujahidin, Desa Krimunting, Kecamatan Sungai Raya.

BACA JUGA:  Optimis Permasalahan Kawasan Kumuh Tuntas 2019 Mendatang, Ini Penjelasan Sutarmidji

Setelah menyerahkan bantuan sosial (bansos) paket bahan pangan di Desa Krimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Gubernur Sutarmidji menyempatkan diri untuk singgah sebentar meninjau pembangunan jalan rabat beton di Dusun Sungai Baung, Desa Sungai Raya.

Jalan lingkungan sepanjang 1.300 meter itu berhasil dibangun berkat kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, dengan TNI, lewat program Karya Bakti TNI.

Dari Dusun Sungai Baung, Gubernur Sutarmidji kemudian melanjutkan kunjungan kerja di Desa Sungai Jaga A, Kecamatan Sungai Raya. Lokasi tersebut menjadi tempat terakhir yang disambangi gubernur untuk menyerahkan bansos paket bahan pangan, dalam rangka pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi.

Usai kegiatan di Desa Sungai Jaga A, sekitar pukul 14.00 Wib, Sutarmidji dan rombongan langsung bertolak pulang ke Kota Pontianak sekaligus menutup kunjungan kerja gubernur selama lima hari sejak Jumat (23/09/2022) lalu. (Jau)

Comment