Pemprov Kalbar Bakal Bangun SMK Unggulan, Pemkab Sanggau Siap Sediakan Lahan

KalbarOnline, Sanggau – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun SMK unggulan di Kabupaten Sanggau. Namun, Pemerintah Kabupaten Sanggau diminta untuk menyediakan lokasi atau lahannya.

“Tanahnya dari Pak Bupati. Bangunannya senilai Rp35 Miliar sampai Rp45 Miliar. Lengkap dengan laboratorium. Tahun ini kita juga bangun di Sambas dan Mempawah,” ujar Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji saat menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD Sanggau tahun 2020 yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Balai Betomu, Jumat (29/3/2019) pagi.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini mengungkap SMK yang akan dibangun di Sanggau nantinya memiliki jurusan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja. Sehingga diharapkan tamatan SMK tidak ada yang menganggur.

“Kita ambil contoh saja. Berapa juta AC yang terpasang di seluruh Kalbar. Yang perusahaan servis AC, dia juga jual, dia juga agen. Nah itu yang kita pisah. Sehingga anak-anak muda kita mempunyai modal awal untuk membesarkan usahanya. Kita ciptakan sebanyak mungkin pengusaha lokal untuk menjawab pembangunan-pembangunan di kawasan itu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pertahankan WTP Keempat Kalinya, Bupati Rusman Ali: Catatan Terbaik Sepanjang Sejarah Kubu Raya

Mantan Wali Kota Pontianak ini bertekad selama kepemimpinannya setiap kabupaten memiliki SMK unggulan yang dilengkapi dengan fasilitas laboratorium. Untuk itu, dirinya berencana menemui Menteri Pekerjaan Umum dalam waktu dekat.

Ia turut menegaskan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting, terlebih indeks pembangunan manusia (IPM) Kalbar masih tertinggal.

“Mungkin nanti, saya akan bertemu dengan Pak Menteri PU. Kalau bisa dibuatkan ada asrama dan sebagainya. Karena pendidikan ini penting untuk mengejar IPM kita. Jangan sampai anak-anak kita frustasi dan sebagainya lalu mereka pergi kerja ke luar,” tegasnya.

Baca Juga :  Akan Diselundupkan ke Kalbar, Daging Babi Ilegal Asal Malaysia Diamankan Satgas TNI

Midji turut berujar bahwa peningkatan SMK merupakan program Presiden Jokowi.

“Sebelum mendapat pekerjaan, mereka akan memperoleh honor pra kerja hingga nantinya mendapatkan pekerjaan,” tandasnya.

Sementara Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyambut baik rencana pembangunan SMK unggulan oleh Gubernur Kalbar itu.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau memiliki dua lokasi lahan yang representatif untuk pembangunan SMK unggulan tersebut.

“Satu di wilayah Sabang Merah, di Penyeladi. Kita punya tanah yang cukup representatif di pinggir jalan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pilihan untuk disampaikan kepada Pak Gubernur,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan ini meyakini, dibangunnya SMK unggulan tersebut akan mendongkrak IPM Sanggau yang signifikan.

“Sangat, karena salah satu syarat IPM adalah bagaimana pendidikan bisa memberi dampak. Lebih banyak orang bisa sekolah. Bicara SMK unggulan ini tentu memperbanyak kesempatan orang Sanggau sekolah sangat menentukan IPM,” pungkasnya. (WWP)

Comment