Renovasi Monumen Tugu Khatulistiwa Ditargetkan Rampung Desember Ini

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak sedang merenovasi bangunan Tugu Khatulistiwa yang mencakup penggantian keramik, perbaikan beberapa bagian yang bocor serta penataan interior ruang museum. 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerangkan, monumen yang menjadi kebanggaan Kota Pontianak itu belum pernah direnovasi sejak tahun 1999. Perenovain yang dilakukan itu pun ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini.

Insya Allah bulan Desember tahun ini rampung pengerjaannya,” ujarnya saat meninjau pengerjaan renovasi monumen Tugu Khatulistiwa, Selasa (27/09/2022).

Selain merenovasi ruang museum monumen, penataan juga dilakukan terhadap lingkungan kawasan Tugu Khatulistiwa, termasuk pusat informasi bagi turis atau pengunjung.

“Pusat informasi ini sebagai sarana informasi dan administrasi dari pengelolaan lingkungan tugu,” ungkapnya.

Edi menambahkan, tahun depan pihaknya akan melanjutkan pembangunan di lokasi Tugu Khatulistiwa dengan menata keseluruhan kawasan tugu, seperti plaza, amphitheatre, parkir, pusat kuliner dan pepohonan untuk penghijauannya.

“Kita harapkan bangunan ini bisa menjadi monumental dan mempunyai nilai yang sangat tinggi untuk citra Kota Pontianak,” kata dia.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibuat pusat penyelenggaraan berbagai pentas kesenian dan budaya yang representatif. Dimana keberadaan destinasi ini nantinya juga akan mampu meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM.

“Tahun depan akan dilanjutkan dengan penataan lahan parkir dan pusat kuliner,” terangnya.

Dengan adanya renovasi dan penataan sedemikian rupa itu, Edi mengharapkan kawasan tugu dapat menjadi salah satu destinasi unggulan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pontianak. 

“Harapannya pengunjung akan lebih merasa nyaman dan betah ketika berada di Tugu Khatulistiwa, sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Pontianak termasuk Tugu Khatulistiwa,” kata Edi. (Jau)

BACA JUGA:  Apa-apaan Nih! Pesta Rakyat Kok Dikomersilkan?

Comment