Kunjungi Pasar Sugai Duri, Jokowi bersama Iriana Serahkan BMK dan BLT ke Peserta PKH

KalbarOnline, Pontianak – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi mengunjungi Pasar Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, guna menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat penerima manfaat dapat memanfaatkan BMK senilai Rp 1,2 juta yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Presiden mengatakan, bahwa bantuan tersebut juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang produktif.

“Jangan ya, jangan dibelikan handphone, kalau bisa dipakai untuk tambahan modal kerja, modal usaha. Kalau enggak ya dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif, jangan dipakai untuk beli pulsa,” pesannya.

Baca Juga :  Gegara Buang Air Besar di Celana, Ibu Muda di Landak Tega Aniaya Anak Kandungnya Sendiri

Sementara untuk BLT, Presiden Jokowi menyarankan agar bantuan tersebut bisa digunakan untuk pembelian sembako. 

“Ibu-ibu ini ya, yang Rp 300 ribu silakan untuk pembelian sembako dan minyak goreng ya, namanya untuk bantuan sosial,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan bahwa pemerintah akan menghitung kembali Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pemberian bantuan kepada PKH.

“Nanti kalau APBN-nya ada uang lebih nanti akan kita, InsyaAllah akan kita tambahkan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur dan Forkopimda Kalbar Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Selain penyerahan BMK dan BLT kepada peserta PKH, Jokowi juga memberikan bantuan kepada para pedagang kaki lima dan pedagang pasar sembari berkeliling dan menyapa para pedagang.

Turut mendampingi Presiden RI dan Ibu Negara kala itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, dan Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis. (Jau)

Comment