Bantu Cegah Stunting, PKK Kalbar Gelar Lomba Masak Makanan Bergizi untuk Bumil dan Anak

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP PKK ke-50, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar menyelenggarakan lomba masak makanan bergizi dalam rangka upaya mencegah meningkatnya kasus stunting, pada Kamis (04/08/2022).

Dimana dalam lomba yang diselenggarakan di Sekretariat TP PKK Provinsi Kalbar tersebut, menyajikan makanan sehat dan bergizi yang diperuntukan bagi ibu hamil (bumil) dan anak-anak.

Lomba masak makanan ini diikuti oleh 14 regu dari perwakilan masing-masing TP PKK kabupaten/kota se-Kalbar, masing-masing regu terdiri dari 3 orang. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani, Ketua Bidang I TP PKK Provinsi Kalbar Barat, Windy Prihastari, beserta pengurus TP PKK Provinsi Kalbar, para pendamping dan peserta lomba dari masing-masing TP PKK kabupaten/kota se-Kalbar.

Baca Juga :  Diguyur Hujan, Wagub Kalbar Tetap Turun Sosialisasikan Langsung Stunting di Sekadau

Secara teknis, perlombaan dimulai dengan memberikan waktu terhadap masing-masing regu untuk memasak makanan dan minuman yang sesuai dengan kreativitas serta memenuhi kadar gizi yang telah ditentukan.

Setelah selesai memasak, para peserta menyajikan makanan dan minuman mereka. Bentuk makanan yang dihasilkan sangat indah dan unik. Kemudian peserta diminta untuk menjelaskan komposisi dan bahan/resep pembuatan dari makanan yang telah mereka buat. 

Baca Juga :  Dianggap Tak Paham Administrasi, Gubernur Kalbar Semprot Kepala Bappeda

Setelah penilaian dewan juri, selanjutnya panitia mengumumkan para pemenang lomba masak makanan sehat tersebut. Yang mana keluar sebagai juara pertama dengan nilai 1423 diraih oleh Kota Pontianak, juara kedua dengan nilai 1420 diraih Kabupaten Ketapang dan juara ketiga dengan nilai 1410 diraih oleh Kabupaten Sekadau. 

Kemudian sebagai Juara Harapan 1 dengan nilai 1280 diraih oleh Kota Singkawang serta untuk juara harapan 2 dengan nilai 1115 diraih Kabupaten Sambas.

Lomba memasak makanan bergizi ini sebelumnya juga dimaksudkan sebagai langkah mengedukasi penyediaan makanan sehat dan bergizi bagi keluarga. (Jau)

Comment