Gawai Dayak Sintang 2022 Usai, Giliran Panitia Keroyokan Membersihkan Betang Jerora Satu

KalbarOnline, Sintang – Pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PGD) Kabupaten Sintang ke IX tahun 2022 berlangsung sukses dan lancar. Semua agenda kegiatan dan perlombaan pun bisa dilaksanakan dengan baik.

Namun sebagaimana perhelatan besar lainnya, PGD Kabupaten Sintang ke IX tahun 2022 yang digelar selama 3 hari 3 malam tersebut turut menyisakan sampah di area lokasi pelaksanaan, komplek Berang Jerora Satu.

Guna mengembalikan keasrian komplek Betang Jerora Satu, jajaran Panitia PGD Kabupaten Sintang Ke IX tahun 2022–dibantu jajaran Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, pelajar SMA Panca Setya Sintang dan elemen lainnya, “keroyokan” membersihkan kompleks Betang Jerora Satu. Pembersihan ini dilakukan selama dua hari berturut-turut.

Baca Juga :  Wujudkan Sintang Lestari, Bupati Tegaskan Komitmen Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Ketua Panitia PGD Kabupaten Sintang ke IX tahun 2022, Selimin menjelaskan, bahwa kegiatan gotong-royong membersihkan kompleks Rumah Betang Jerora Satu ini sedianya harus dilakukan, mengingat luasnya area Betang serta banyaknya sampah dari sisa kegiatan PGD tersebut.

“Kita semua tahu kondisi Betang usai gawai kemarin. Sampah dimana-mana. Bangunan lapak masih ada, dan lantai Betang yang kotor. Kita mulai melakukan gotong royong ini sejak Selasa 2 Agustus 2022 sampai Rabu 3 Agustus 2022,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Jarot Minta ASN Berlari Kejar Target ‘Prime Mover’ Pembangunan Sintang

“Saat ini kondisi rumah Betang Jerora Satu sudah bersih seperti sebelum pelaksanaan Gawai Dayak 2022,” sambung Selimin.

Selimin mengungkapkan, bahwa membersihkan kompleks Betang Jerora Satu ini juga merupakan sebagai bentuk tanggung jawab bersama. Ia pun menuturkan rasa terima kasih atas keterlibatan pihak-pihak yang telah ikut dalam kegiatan gotong royong membersihkan Betang Jerora Satu.

“Sekarang kondisi Betang sudah bersih. Dan siap digunakan kembali oleh masyarakat Kabupaten Sintang,” terang Selimin.

“Saya bangga dengan teman-teman yang mau terlibat dalam aksi bersih-bersih ini,” tutup Selimin. (Jau)

Comment