by

Tim Mabes Polri Berikan Sosialisasi Peacekeeper dan ECT ke Polda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Tim Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri menggelar sosialisasi Peacekeeper dan English Competency Test (ECT) kepada personel jajaran Polda Kalbar, Rabu (03/08/2022), di ruang Graha Khatulistiwa Mapolda Kalbar.

Kehadiran Tim Divhubinter Mabes Polri itu dipimpin langsung oleh Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Johanis Asadoma.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro yang membuka kegiatan sosialisasi Peacekeeper dan ECT tersebut menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menjaring dan menyiapkan personel Polri yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

“Sehingga dapat mengembangkan kapasitas personel tersebut untuk mengikuti seminar dan studi di luar negeri, Atase Kepolisian, Staf Teknis Polri, Ajudan Duta Besar dan mengikuti Misi Internasional PBB sebagai pemelihara perdamaian,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Kapolda menyampaikan, misi Pemeliharaan Perdamaian PBB merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan diplomasi dan kerja sama Internasional Polri, yang memiliki nilai strategis sebagai wujud kontribusi bangsa Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia.

“Sejak tahun 1989, Indonesia melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia berperan aktif dalam mengirim pasukan yang bernama Satgas Garuda Bhayangkara dan Polri menempati posisi ke-10 sebagai pengirim personel terbanyak,” ujarnya.

“Sehingga menjadi suatu kebanggan bagi kita khususnya Polda Kalbar yang turut ikut berpartisipasi mengirim personel sebanyak 27 orang sejak tahun 2017 untuk bergabung dalam misi Pemelihara Perdamaian PBB,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadiv Hubinter Polri menjelaskan, kalau kegiatan ini merupakan mapping kemampuan yang sekaligus penjaringan terhadap personel Polri khususnya personel Polda Kalbar sebagai deposit dalam mengikuti penugasan di luar negeri.

“Kegiatan ini juga merupakan respon atas kebijakan Kapolri dalam peningkatan kapasitas dan terbangunnya data base yang akan memudahkan dalam pengiriman personel Polri penugasan luar negeri nantinya,” ucap Irjen Pol Johanis Asadoma.

BACA JUGA:  16 Casis Asal Sekadau Tunggu Hasil Sidang Kelulusan Bintara Polri

Ia juga menyampaikan akan pentingnya pertumbuhan pola pikir terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas diri personel. Penugasan dalam bahasa Inggris pun disampaikan Johanis, merupakan salah satu kunci penentu dalam aktivitas tersebut.

“Perubahan mindset ke arah yang positif akan membawa perubahan perilaku yang juga ke arah positif,” tuturnya.

“Diharapkan dengan growth mindset (pertumbuhan pola pikir) yang diperoleh dari pengalaman kegiatan pengembangan kapasitas di luar negeri, akan membawa pengaruh positif bagi personel di sekitarnya dan secara organisasi tentunya memberikan kontribusi positif bagi Polri,” tandasnya.

Sebelumnya, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Asep Safrudin serta seluruh pejabat utama dan peserta sosialisasi personel jajaran Polda Kalbar. (Jau)

Comment