Peringatan Harkin 2022, Sekda Kalbar Ajak Wujudkan Keseimbangan Hak dan Kewajiban Publik dan Badan Publik

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Harisson, membuka secara resmi acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (Harkin) tahun 2022, di Taman Sepeda Untan Pontianak, Minggu (05/06/2022).

Kehadiran Sekda Harisson itu didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari dan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalbar.

Pada kesempatan itu, Sekda Kalbar mengajak semua yang hadir untuk dapat memaknai peringatan Harkin 2022 sebagai perwujudan keseimbangan antara  hak dan kewajiban masyarakat dan Badan Publik sebagai penyedia informasi.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, khusus bagi peserta yang berasal dari perangkat daerah Provinsi Kalimantan Barat maupun Badan Publik di Provinsi Kalimantan Barat, penting untuk disadari bahwa keterbukaan informasi sebagai bahan pelayanan publik perlu diselenggarakan,” kata dia.

Baca Juga :  Seiring Diresmikannya PLBN Badau, Presiden Jokowi Harap Ekonomi Masyarakat Perbatasan Meningkat

“Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas sebagaimana sejalan prinsip good governance di Provinsi Kalimantan Barat,”, sambungnya.

Lebih lanjut, Harisson menyatakan, bahwa informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang baik untuk pengembangan pribadi maupun lingkungan sosialnya, serta sebagai bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, kata dia, telah diatur dalam pasal 28 UUD Republik Indonesia Tahun 1945. 

Untuk mewujudkan keterbukaan informasi, lanjutnya, maka ditetapkan lah UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya, agar terarah hak dan kewajiban masyarakat dalam mencari hingga menggunakan informasi.

“Keterbukaan informasi juga harus dipahami seluruh masyarakat dengan memupuk semangat tersebut sejak usia dini. Maka, saya berharap jadikan kegiatan Harkin 2022 ini sebagai upaya dan sarana dalam meningkatkan kualitas keterbukaan informasi,” tuturnya.

Baca Juga :  Pekan Gawai Dayak ke-36 Kalbar Resmi Dibuka

Harisson juga turut mengapresiasi kepada para panitia atas terselenggaranya Harkin 2022. “Semoga kita menjadi agen keterbukaan informasi menuju Kalbar terbuka dan informatif,” ungkap Harisson.

Mengakhiri sambutannya, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kalbar untuk terus berkarya demi kemajuan Kalbar kedepannya.

“Selamat Hari Keterbukaan Informasi Nasional Tahun 2022, mari kita semua berdoa agar segala kesulitan yang terjadi akibat pandemi, menjadi sirna sehingga kita bisa bangkit bersama, berkarya dan mengisi pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat,” tutupnya. (Jau)

Comment