by

Tercatat Sudah 11 Kali ke Kalbar, Berikut Agenda Jokowi di Sintang dan Mempawah Besok

Tercatat Sudah 11 Kali ke Kalbar, Berikut Agenda Jokowi di Sintang dan Mempawah Besok

KalbarOnline.com – Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Kalbar pada Rabu besok, 8 Desember 2021.

Tercatat sudah 11 kali Presiden Jokowi ke Kalbar. Terakhir kali Jokowi ke Kalbar dalam rangka menyerahkan sertifikat TORA dan SK Hutan Adat pada September 2019 silam.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengungkapkan, rencana Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Kalbar sudah diatur pihak protokol istana.

“Untuk kedatangan Presiden Joko Widodo itu diatur protokol Istana, kami (gubernur) menjalankan yang menjadi tugas kami. Masing-masing sudah ada tugas-tugasnya, kalau saya kan hanya mengikuti saja peresmian dan sebagainya,” ungkap Sutarmidji kepada wartawan, kemarin.

Midji mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada Presiden agar dilakukan pengerukan muara Sungai Kapuas sebagai penanganan jangka pendek persoalan banjir. Pemerintah Provinsi Kalbar dalam hal ini sudah menyurati pemerintah pusat.

“Kalau pengerukan, yang jelas sudah kita sampaikan ke Presiden. Dengan Presiden kan tidak boleh mengulang-ulang,” katanya.

Sutarmidji sendiri sudah bertolak ke Sintang pada, Senin (6/12) siang kemarin. Di Sintang, selain mengikuti agenda dan mendampingi presiden, Sutarmidji rencananya juga akan membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX Tingkat Provinsi Kalbar yang digelar 11-17 Desember 2021.

Dalam agendanya besok, Presiden bakal berkunjung ke Kabupaten Sintang dan Kabupaten Mempawah dari Pontianak yang akan dimulai dengan meresmikan Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang, Rabu (8/12) pagi.

Sesuai jadwal, dari Jakarta, Presiden Jokowi hanya transit di Bandara Supadio, Kubu Raya dan langsung melanjutkan perjalanan ke Sintang dengan pesawat udara.

Setelah peresmian bandara, Presiden Jokowi langsung menuju Daerah Aliran Sungai (DAS) Sintang untuk meninjau pemasangan geobag dan melakukan penanaman pohon. Kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan sosial (bansos) untuk warga serta meninjau lokasi infrastruktur (fisik recovery) pasca banjir.

Siang harinya, Presiden Jokowi langsung menuju Pelabuhan Kijing, Kabupaten Mempawah sekaligus meresmikan pelabuhan samudera yang sudah dibangun sejak 2018 itu. Dalam kesempatan kali ini, Kunker Presiden Jokowi ke Kalbar hanya berlangsung satu hari tanpa menginap.

Comment

Terbaru