by

Pontianak Tuan Rumah Rakornas ICCN, Dorong Terciptanya Ekosistem Ekraf

Pontianak Tuan Rumah Rakornas ICCN, Dorong Terciptanya Ekosistem Ekraf

KalbarOnline, Pontianak – Kota Pontianak menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia Creative Cities Network (ICCN) 2021. Selain Pontianak, Kota Singkawang juga ditunjuk sebagai tuan rumah Rakornas tersebut. Rakornas digelar di Hotel Ibis, Kamis (21/10/2021).

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan terima kasih kepada ICCN yang telah memilih Kota Pontianak sebagai tuan rumah penyelenggaraan rakornas. Ia berharap rakornas kali ini menjadi sarana komunikasi dan bertukar informasi antara kota-kota yang tergabung dalam kota kreatif se-Indonesia.

“Rakornas ini menitikberatkan pada kolaborasi bersama penggiat kreativitas sehingga mampu mendorong terciptanya ekosistem ekonomi kreatif di Pontianak khususnya dan di Kalbar umumnya,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus giat membangun dan mengembangkan kawasan wisata lokal yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan memanfaatkan perkembangan ekonomi kreatif, satu diantaranya adalah kampung wisata yang tidak terlepas dari kearifan lokal dan budaya masyarakat setempat.

“Sehingga menjadikan kampung-kampung wisata ini unik dengan identitasnya masing-masing,” katanya.

Ketua Umum ICCN, Fiki Satari, juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar serta Pemkot Pontianak dan Singkawang yang telah memfasilitasi hingga terselenggaranya rakornas di kedua kota yang ada di Kalbar ini.

ICCN merupakan forum lintas komunitas kreatif yang ada di 220 kabupaten/kota se-Indonesia, yang tujuannya mendorong pembangunan Indonesia dari potensi kreativitasnya. Pada rakornas ini, pihaknya juga telah menyelesaikan verifikasi jejaring yang ada di Kalbar.

“Menariknya, dari Kalbar sudah ada Forum Lintas Komunitas Kreatif di 14 kabupaten/kota di Kalbar. Ini luar biasa, kami apresiasi sebab untuk bisa mensinergikan forum jejaring lintas ini tidak mudah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, ada beberapa alasan sehingga pihaknya memutuskan Kota Pontianak dan Singkawang sebagai tuan rumah Rakornas ICCN.

Sejak berdirinya ICCN tahun 2015, enam tahun berjalan ICCN memang belum pernah menapaki Kalimantan untuk dua kegiatan nasional, Rakornas dan Indonesia Creative Cities Festival. Untuk itu, pihaknya memboyong pelaku simpul kreatif nasional ke Kota Pontianak.

Fiki bilang, Kota Pontianak ini secara khusus Wali Kotanya pelaku subsektor industri kreatif di bidang arsitek. Sedangkan Singkawang dikenal sebagai kota paling inklusif di Indonesia.

“Jadi rasanya sudah tepat ICCN memilih Pontianak dan Singkawang sebagai tuan rumah Rakornas 2021,” pungkasnya. (J)

Comment

Terbaru