by

Alexander Wilyo Jabat Sekda Ketapang

Alexander Wilyo Jabat Sekda Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menyelenggarakan Pengambilan Janji dan sumpah jabatan Alexander Wilyo sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan di Pendopo Bupati Ketapang, Jumat (27/8/2021) pagi.

Dalam sambutanya, Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan kalau jabatan yang baru diemban merupakan amanah dan kepercayaan yang harus dijaga dan dilaksanakan sebaik-baiknya karena akan dipertanggungjawabkan kepada Negara dan masyarakat juga Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya selaku pribadi dan atas nama Pemkab Ketapang mengucapkan selamat kepada suadara Alexander Wilyo telah dilantik menjadi Sekda Ketapang,” ucap Martin.

Martin sapaan akrab Bupati Ketapang dua periode itu juga menyebut kalau pelantikan Sekda Ketapang itu telah sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Pelantikan saudara telah melalui mekanisme yang sesuai ketentuan Undang-undang. Oleh sebab itu laksanakan tugas dengan penuh syukur, ikhlas, tanggungjawab dan berprestasi,” tuturnya.

Martin menegaskan Sekda mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan. Pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administratif yang terbagi serta terinci secara sistematis ke dalam tugas masing-masing asisten, bagian dan subbagian.

“Sebab itu saya minta kepada para asisten, kepala bagian dan subbagian agar mendukung penuh kinerja Sekda dalam membantu Bupati. Bekerjalah dengan membentuk super team bukan membiarkan Sekda bekerja sendiri sebagai seorang superman,” tegas Bupati.

Semua Unit Kerja di Pemkab Ketapang Harus bersinergi membangun hubungan kerja yang baik secara internal serta secara eksternal yang meliputi forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda). Kemudian dengan masyarakat baik tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan lainnya.

“Hal ini penting saya sampaikan karena mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yang dituangkan dalam Panca Karya atau Pakar. Yaitu Ketapang sehat, cerdas, nyaman, peduli dan sejahtera perlu dukungan semua unit kerja di Pemkab Ketapang,” kata Bupati

BACA JUGA:  Gawai Dayak Ketapang VI Resmi Digelar: Ajang Lestarikan Adat Budaya

Martin meminta kepada Sekda Ketapang yang baru dilantik agar memastikan program-program strategis dan prioritas Ketapang dapat terlaksana sesuai perencanaan yang telah ditetapkan. Dalam konteks ini Bupati meminta Sekda dalam waktu dekat dapat memimpin dan mengorganisir perangkat daerah dalam setiap tahapan penyusunan anggraan perubahan dan penyusunan anggaran 2022.

“Kedua sebagaimana kita ketahui bersama bahwa birokrasi Pemerintah Daerah tentunya penuh dengan dinamika dan kompleksitas permasalahan. Untuk itu kepemimpinan Pemerintah tidak cukup hanya dengan pendekatan struktural saja. Tetapi kombinasi dengan pendekatan kultural menjadi penting,” tambah Bupati.

“Saya mengucapkan selamat menempati jabatan Sekda, bekerjalah dengan giat, jujur, kreatif, inovatif dan bertanggungjawab. Saya yakin saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing dan melindungi kita dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

Terbaru