Bupati Sis Tinjau Banjir Sekaligus Berikan Bantuan di Putussibau Selatan

Bupati Sis Tinjau Banjir Sekaligus Berikan Bantuan di Putussibau Selatan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan turun langsung meninjau sejumlah desa yang terendam banjir di Desa Jaras, Kecamatan Putussibau Selatan, Senin, 23 Agustus 2021.

Dengan mengunakan speedboat, Bupati mendatangi para korban banjir. Di kesempatan itu Bupati bersama Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan dan Anggota DPRD Kapuas Hulu Antonius Thambun membagikan bantuan kepada para korban yang mereka jumpai.

Bupati Sis mengatakan bahwa dirinya mengunjungi sejumlah masyarakat yang terdampak banjir di Desa Jaras, karena cukup banyak warga yang terjebak di rumah. Akses darat terputus dan banjir cukup dalam.

Baca Juga :  Mengenal Mila Rosita, Perajin Kain Tenun Sidan yang Dikenakan Sandiaga Uno

“Kami memantau keadaan banjir, kali ini di Jaras. Warga tidak bisa kemana-mana karena banjir cukup dalam akses ke sini juga cukup sulit,” kata Bupati, Senin, 23 Agustus 2021.

Orang nomor wahid di Bumi Uncak Kapuas ini mengatakan, pihaknya turut membawa bantuan awal dan diberikan kepada korban yang benar-benar kesulitan. Tujuannya untuk membantu sementara selama banjir.

“Kami bawa bantuan sembako untuk membantu korban banjir yang sangat membutuhkan, ini adalah bantuan awal,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Hadiri Peresmian Sekretariat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kapuas Hulu

Bupati mengatakan, monitoring tersebut sambil mendata para korban yang ditemui di lapangan. Selain itu, data lanjutan juga ditunggu dari desa ke kecamatan, lalu dari kecamatan ke BPBD.

“Baru nanti kita upayakan bantuan selanjutnya,” ujarnya.

Kapuas Hulu, kata Bupati Sis, merupakan kabupaten langganan banjir. Banjir selalu terjadi hampir setiap tahun.

“Karena itu saya mengimbau kepada masyarakat, untuk siaga ketika cuaca ektrim atau curah hujan tinggi, karena berpotensi banjir,” tutupnya.

Comment