by

Bupati Sis: Gereja Bagus Harus Disertai Keaktifan Umat Beribadah

Bupati Sis: Gereja Bagus Harus Disertai Keaktifan Umat Beribadah

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, meresmikan Gereja Katolik Santo Bernadus, Dusun Penemur, Desa Teluk Geruguk, Kecamatan Boyan Tanjung, Sabtu (5/6/2021).

Gereja Santo Bernadus ini memiliki sejarah tersendiri dalam penamaannya. Dibalik nama Santo juga berlatar belakang dari nama temenggung yakni Bernadus. Ia berjasa untuk pembangunan di Penemur. Gereja ini mulai didirikan sejak 1983, dari lokasi awal gereja kemudian dipindah ke tempat ini, Dusun Penemur II. Peresmian Gereja Santo Bernadus Penemur adalah momen bersejarah bagi umat Katolik di Penemur. Peresmiannya telah lama ditunggu karena pembangunan sendiri berjalan enam tahun.

“Luasannya 10×20 meter untuk fisik bangunan gereja. Pembangunannya dari tahun 2015 hingga 2021, pembangunan secara swadaya dan donatur lain juga bantuan Pemda dan aspirasi dewan,” ucap Valentinus Ketua Panita Pembangunan.

Uskup Sintang, Samuel Oton Sidin menuturkan, selamat atas terselesaikannya pembangunan gereja Santo Bernadus kepada umat Katolik di Penemur. Ia juga mengapresiasi dukungan berbagai pihak termasuk Pemerintah, sebab terealisasinya gereja tersebut karena dukungan dari Pemerintah, DPRD dan masyarakat.

“Hal terpenting dari kehadiran gereja ini adalah untuk menumbuhkembangkan iman. Umat disini harus hidup harmonis dalam kehidupan antar umat beragama,” ucapnya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengharapkan kehadiran Gereja Santo Bernadus semakin meningkatkan iman dan ketakwaan masyarakat Penemur yang beragama Katolik.

“Seperti yang sudah disampaikan Uskup tadi, tujuan pembangunan gereja tidak lain adalah untuk peningkatan iman. Gereja sudah bagus harus disertai keaktifan umat beribadah,” tuturnya.

Turut Hadir dalam peresmian tersebut Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Yosef Alexander dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto, Antonius Thambun, Sinardi, Sukardi, Budiharjo serta Forkopimcam Boyan Tanjung.

Comment

Terbaru