Wamenkes Dante, Ahli Diabetes yang Akrab dengan Lingkungan Istana

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk pasangan duet baru di jajaran Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan. Mereka adalah, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono. Sosok Budi Gunadi Sadikin merupakan pemimpin berpengalaman di bidang structural. Dia sebelumnya menjadi Wakil Menteri BUMN.

Budi Gunadi Sadikin akan didampingi oleh sosok dokter yang dikenal pintar sejak masa kuliah, Dante Saksono. Penunjukan dokter Dante sebagai Wamenkes dinilai tepat dari sisi latar belakang pengetahuan di bidang kesehatan. Dokter Dante merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Sebagai Dekan FKUI, Prof Ari Fahrial Syam tentu bangga dan memiliki kesan tersendiri soal sosok dokter Dante. ’’Dokter dante ini dokter pintar. Saat masuk FKUI tahun 1991, lulus 1997. Termasuk 10 besar lulusan FKUI untuk jadi staf pengajar. Lalu dokter umum, dan spesialis penyakit dalam,’’ kata Ari kepada KalbarOnline.com, Rabu (23/12).

Baca Juga :  Doni Minta Warga di Pengungsian Terapkan Protokol Kesehatan

Kemudian Dante berangkat ke Jepang untuk mendalami ilmu biomolekuler. Menurut Ari, Dante bahkan hampir menjadi guru besar. ’’Sebentar lagi beliau itu guru besar. Kalau dia bisa menghasilkan paper-paper internasional mungkin, bisa jadi profesor dia. Sudah menuju ke situ,’’ jelas Prof Ari.

Ari menjelaskan, pada jabatan sebelumnya, dokter Dante sempat menjadi Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam. Dokter Dante adalah spesialis penyakit dalam konsultan penyakit metabolik endokrin diabetes. ’’Beliau itu sudah konsultan. Kalau istilah di luar negeri, beliau sudah Associate Professor. Kalau ada paper internasional sudah profesor,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Libatkan Aparat, PPKM Mikro Diyakini Efektif Tekan Covid-19

Menurut Ari, Dante merupakan dokter tim kepresidenan. Maka Presiden Joko Widodo memang sudah mengetahui kiprah dan kemampuan dokter Dante sebelumnya. ’’Beliau (Dante) itu pakar di bidang penyakit. Kalau untuk itu sudah menguasai,’’ jelas Prof Ari. ’’Beliau tim dokter kepresidenan. Bukan orang baru di lingkungan istana. Jadi memang sudah dikenal baik oleh pak Jokowi,’’ terang dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment