Pemkot Pontianak Gelar Upacara HUT RI ke-75 Secara Terbatas di Tengah Pandemi

Pemkot Pontianak Gelar Upacara HUT RI ke-75 Secara Terbatas di Tengah Pandemi

Di Halaman Kantor Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak akan menggelar upacara pengibaran dan penurunan bendera HUT Kemerdekaan RI ke-75 dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Upacara digelar pada Senin (17/8/2020) di Halaman Kantor Wali Kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak Mulyadi menerangkan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara pengibaran dan penurunan bendera biasanya rutin digelar di Lapangan Keboen Sajoek atau PSP, tahun ini bertempat di halaman Kantor Wali Kota Pontianak.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, maka upacara HUT RI ke-75 kami gelar secara terbatas sesuai protokol kesehatan,” ujarnya, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga :  Izin Mendagri, Pjs Wali Kota Lantik Pejabat Pemkot

Pembatasan yang dilakukan diantaranya dengan membatasi peserta dan tamu undangan upacara, baik saat pengibaran maupun penurunan bendera. Hal ini, lanjut dia, bertujuan mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Tahun ini hanya mengikutsertakan Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkot Pontianak serta TNI/Polri, dan tidak melibatkan pelajar maupun ASN lainnya,” katanya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kota Pontianak Lazuardi mengatakan, selain jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkup Pemkot Pontianak, peserta upacara juga melibatkan unsur TNI dan Polri dengan jumlah terbatas.

Baca Juga :  Pastor MRPD Pontianak Diberhentikan: Diduga Hamili Umat di Lingkungan Gereja

“Setelah upacara pengibaran bendera, jajaran Forkopimda beserta istri menuju rumah dinas Wali Kota untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi secara virtual,” terangnya.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan upacara bendera.

“Kita melakukan gladi resik beberapa hari sebelum hari-H agar saat pelaksanaannya berjalan lancar,” tutur Lazuardi.

Dirinya menambahkan, persiapan yang dilakukan diantaranya latihan pengibaran dan penurunan bendera oleh paskibra, korsik, susunan barisan peserta upacara dan tamu undangan dan persiapan teknis lainnya.

“Termasuk perangkat sound system untuk mendukung kelancaran upacara HUT RI ke-75,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment