by

Besok Dinkes Kalbar Akan Tes Swab Penumpang Pesawat yang Mendarat di Supadio

Besok Dinkes Kalbar Akan Tes Swab Penumpang Pesawat yang Mendarat di Supadio

Jaga Pintu Masuk dari Penyebaran Covid

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui pintu masuk, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar akan melakukan pemeriksaan sampel swab terhadap para penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Internasional Supadio. Hal itu diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson saat diwawancarai wartawan di Pontianak, Kamis (13/8/2020).

“Mulai besok akan ada pemeriksaan sampel swab. Kami akan mengambil swab dari penumpang-penumpang yang mendarat di Bandara Supadio. Ini dalam rangka kita menjaga pintu-pintu masuk kita, jangan sampai warga kita banyak yang tertular justru dari para pendatang dari daerah luar Kalbar,” ujarnya.

Adapun teknisnya nanti, jelas Harisson, pihaknya akan meminta manifest penerbangan setiap penumpang yang datang.

“Kemudian akan kami ambil secara acak, diambil sekitar 10 persen dari jumlah penumpang di beberapa penerbangan dari luar baik dari Surabaya, Jakarta atau daerah lain. Itu akan kami swabnya lalu akan langsung kami periksa di Laboratorium Untan,” jelasnya.

“Seandainya nanti positif kasus konfirmasi, maka akan langsung kami isolasi baik di Upelkes maupun Rusunawa Nipah Kuning yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Pontianak,” tandasnya. (Fai)

Comment

News Feed