Pengusaha Teknologi Jadi Top 3 Orang Terkaya Sejagad

Ada yang menarik dari daftar miliuner dunia versi Bloomberg. Tiga posisi teratas dipegang oleh pengusaha dari bidang teknologi. Orang terkaya di dunia, versi Bloomberg, adalah Jeff Bezoz, pendiri sekaligus CEO Amazon. Harta kekayaannya mencapai US$186 miliar –Ingat ya! Dalam miliar dollar AS, yang artinya triliuner kalau di Indonesia.

Posisi kedua orang terkaya di dunia adalah Bill Gates, co-founder Microsoft Corporation, yang kini lebih banyak aktif di bidang sosial. Gates kini banyak mencurahkan perhatian kepada bidang kesehatan. Yang membuatnya kena tudingan terlibat konspirasi virus Covid-19. Harta kekayaan Gates mencapai US$121 miliar.

Tebak, siapa orang kaya ketiga sedunia? Yup, dialah Mark Zuckerberg, co-founder Facebook Inc, yang juga menjabat sebagai chairman, CEO dan pemegang kontrol shareholder platform media sosial paling populer sejagad itu. Mark memiliki kekayaan sebesar US$99.7 miliar.

Baca Juga :  Gandeng Parkee, Kini Bayar Parkir Tinggal Scan Pakai DANA

Menariknya lagi, ketiga orang paling tajir sedunia itu merupakan warga negara AS, dengan perusahaan multinasional yang bermarkas di negara Abang Sam itu juga. Sebenarnya, empat posisi teratas diduduki pengusaha Amerika. Posisi keempat triliuner dunia barulah disabet pengusaha di luar Amerika. Dia adalah Mukesh Ambani, chairman dan managing director grup bisnis Reliance, India.

Walau tak masuk daftar 400 triliuner dunia, CEO Apple, Tim Cook, tahun ini resmi ditasbihkan sebagai seorang triliuner oleh Bloomberg, karena kekayaannya sudah menembus 1 miliar dolar AS (sekitar Rp15 triliun). Tepatnya kekayaan Tim Cook hampir menyentuh US$2 miliar. Masih seuprit bila dibandingkan kekayaan Jeff Bezos, Gates dan Zuckerberg.

Baca Juga :  Masa Pandemi, Startup Ini Berinovasi dengan Acara dan Pameran Visual

Bahkan masih kalah oleh Robert Budi Hartono, taipan asal Indonesia pemilik pabrik rokok Djarum, pemegang saham terbesar BCA, pemilik perkebunan sawit seluas 65 ribu hektar, dan banyak lagi usaha lainnya –termasuk Kaskus. Harta Budi Hartono, seperti dicatat Bloomberg, mencapai US$14.7 miliar. Membuatnya berada di posisi 112 orang terkaya. Asal tahu saja, sebelumnya dia berada di posisi 54.

Budi Hartono diikuti kakaknya, Michael Hartono, yang berada di posisi 122 dengan kekayaan mencapai US$13.8 miliar. Kakak beradik ini menjadi orang terkaya nomor satu dan nomor dua di Indonesia. Silahkan membayangkan, berapa banyak lembaran duit yang dimiliki para triliuner tersebut.

The post Pengusaha Teknologi Jadi Top 3 Orang Terkaya Sejagad appeared first on KalbarOnline.com.

Comment