Kamala Harris, Wanita Keturunan Asia Pilihan Joe Biden sebagai Pasangan Cawapres Lawan Trump

KalbarOnline.com – Calon presiden dari Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Joe Biden memilih Kamala Harris sebagai calon wakil presiden (cawapres), Selasa (11/8/2020). Harris adalah perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang bertarung dalam Pilpres AS sebagai calon wakil presiden.

Pernah digadang-gadang sebagai bakal calon presiden, Senator California keturunan India-Jamaika ini telah lama dianggap sebagai kandidat yang paling diunggulkan untuk mengisi posisi calon wakil presiden AS.

Mantan Jaksa Agung California ini dikenal sebagai sosok yang gencar menyerukan reformasi kepolisian di tengah protes anti-rasisme.

Berbekal pandangan politik dan pengaruhnya, dia akan mendampingi Joe Biden dalam menghadapi calon petahana Donald Trump pada pemilihan presiden, 3 November mendatang.

Baca Juga :  539 Santri di Banyuwangi Positif Covid-19, Ponpes Darussalam Berlakukan Karantina Wilayah

Dalam pernyataan publik pertama sebagai cawapres, Harris mengaku “merasa terhormat” untuk bergabung dengan Biden. Lewat akun Twitter, dia berjanji akan melakukan apa yang diperlukan untuk menjadikan Biden sebagai presiden AS.

Tim kampanye Biden mengatakan Biden dan Harris akan membuat penampilan bersama pertama pada hari Rabu (12/8/2020) di Wilmington, Delaware, tempat Biden tinggal. Biden memang telah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam beberapa bulan terakhir membatasi perjalanan kampanye karena pandemi virus corona.

Harris adalah seorang senator dari California yang mencalonkan diri sendiri untuk Gedung Putih sebelum mengundurkan diri dan mendukung Biden. Dia menjadi politisi yang sangat berpengalaman yang telah diuji oleh kerasnya kampanye presiden 2020 saat mereka menuju ke pertarungan terakhir saat Pemilu 3 November.

Baca Juga :  BENPICT Menambah Amunisi Benyamin-Pilar Bersaing di Pilkada Tangsel

“Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih @KamalaHarris – petarung tak kenal takut untuk si kecil, dan salah satu abdi negeri terbaik – sebagai pasangan saya,” kata Biden di Twitter.

Pengumuman yang telah lama dinantikan datang kurang dari seminggu sebelum Konvensi Nasional Demokrat yakni 17-20 Agustus. Sebagian besar acara konvensi akan diadakan secara daring karena pandemi virus corona.

Mantan Presiden AS, Barack Obama, yang menjadikan Biden sebagai wapres selama delapan tahun, mencuit:

“Dia [Harris] lebih dari siap untuk jabatan ini. Dia menghabiskan kariernya membela Konstitusi kita dan berjuang untuk kaum yang memerlukan keadilan. [rif]

Comment